Mengenal Alexandr Wang, Pria Muda Putus Sekolah yang Kini Punya Harta Rp14,5 Triliun

Selasa, 31 Mei 2022 - 11:10 WIB
loading...
Mengenal Alexandr Wang, Pria Muda Putus Sekolah yang Kini Punya Harta Rp14,5 Triliun
Alexandr Wang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia yang berusia muda. Foto/Forbes
A A A
JAKARTA - Dengan semangat dan kegigihannya, Alexandr Wang kini masuk dalam jajaran orang terkaya dunia yang masih berusia muda. Sebelum mencapai kesuksesannya itu, Alexandr Wang dibesarkan di bawah bayang-bayang Lab Nasional Los Alamos New Mexico, situs rahasia tempat Amerika Serikat mengembangkan bom atom pertamanya selama Perang Dunia II. Orang tuanya adalah fisikawan yang bekerja pada proyek senjata untuk militer. Sekarang dia juga melakukannya.

Baca juga: 5 Manusia Terkaya Sepanjang Masa, Nomor 1 Kuasai Setengah Stok Emas Dunia

Perusahaan Wang yang berusia enam tahun di San Francisco, Scale AI, telah menandatangani tiga kontrak senilai sekitar USD350 juta atau lebih, bergantung pada kebutuhan pemerintah, untuk membantu Angkatan Udara dan Angkatan Darat Amerika menggunakan kecerdasan buatan. Cukup mengesankan untuk seorang pemain berusia 25 tahun.

Teknologi Scale menganalisis citra satelit jauh lebih cepat daripada analis manusia untuk menentukan seberapa besar kerusakan akibat bom Rusia di Ukraina. Ini berguna tidak hanya untuk militer.

Lebih dari 300 perusahaan, termasuk General Motors dan Flexport, menggunakan Scale, yang dimulai Wang ketika berusia 19 tahun, untuk membantu mereka mendulang emas dari sungai-sungai informasi mentah--jutaan dokumen pengiriman, katakanlah, atau rekaman mentah dari mobil self-driving.



“Setiap industri memiliki data dalam jumlah besar,” kata Wang seperti dilansir Forbes, Selasa (31/5/2022).

“Tujuan kami adalah membantu mereka membuka potensi data dan meningkatkan bisnis mereka dengan AI,” tambahnya.

Tahun lalu Scale melakukan putaran pendanaan senilai USD325 juta, yang menghasilkan pendapatan sekitar USD100 juta. Valuasi Scale kini sebesar USD7,3 miliar. Diperkirakan 15% saham Wang bernilai USD1 miliar atau Rp14,5 triliun (kurs Rp14.500), menjadikannya miliarder mandiri termuda di dunia.

Sebagai seorang anak, Wang adalah seorang ahli matematika. Dia ikut berkompetisi di ajang matematika nasional dan kompetisi coding.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2451 seconds (10.177#12.26)