Berburu Harta Karun Migas di Pulau Jawa, Survei Eksplorasi Capai 82% dari Target

Senin, 06 Juni 2022 - 13:24 WIB
loading...
Berburu Harta Karun Migas di Pulau Jawa, Survei Eksplorasi Capai 82% dari Target
Survei seismik subvulkanik di sepanjang pulau Jawa telah mencapai 820 km dari target 1.000 km. Kegiatan ini bagian dari Indonesia Exploration blueprint and strategy, untuk menggali potensi harta karun migas di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - SKK Migas menyebutkan, kegiatan survei seismik subvulkanik di sepanjang pulau Jawa telah mencapai 820 km dari target 1.000 km. Kegiatan ini adalah bagian dari Indonesia Exploration blueprint and strategy, yang dilakukan untuk menggali potensi ' harta karun ' migas di Indonesia.



Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan, industri hulu migas terus fokus untuk melakukan derisiking dari potensi eksplorasi dengan menyediakan data-data yang nantinya akan mengundang investor untuk menemukan cadangan besar.

“Kerja keras dan komitmen untuk menyelesaikan kegiatan ini telah ditunjukan dengan baik, dengan capaian saat ini telah berhasil diselesaikan sepanjan 820 km atau 82% dari target 1.000 km pada kegiatan survei seismik subvulkanik Jawa, yang ditargetkan dapat diselesaikan pada bulan September 2022”, ujar Dwi, dikutip Senin (6/6/2022).

SKK Migas sendiri telah mendorong KKKS untuk melakukan kegiatan survei eksplorasi yang masif, dilakukan melalui kegiatan survei eksplorasi di darat, laut dan udara adalah bagian dari upaya untuk mencapai target ketersediaan data bagi 128 Cekungan yang Indonesia miliki hingga tahun 2024, sebagaimana dicanangkan oleh Menteri ESDM.

“Kami atas nama manajemen SKK Migas mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam kegiatan ini khususnya Pertamina yang telah melakukan kegiatan eksplorasi secara masif, yaitu pelaksanaan kegiatan survei seismik 2D di laut pada open area sejauh 32,000 km pada tahun 2019 - 2020 yang lalu, dan full tensor gravity (FTG) menggunakan pesawat udara di Bird Head dan Akimeugah yang telah selesai akhir tahun 2021," imbuh Dwi.



Dwi menambahkan, kegiatan yang dilakukan oleh Pertamina tersebut merupakan bagian dari Komitmen Kerja Pasti Wilayah Kerja Jambi Merang.

Pertamina, sebagai pemegang wilayah kerja terbanyak dan terluas di Indonesia yang saat ini memiliki 41 WK Migas dengan luasan mencapai + 204.494 km2, yang terdiri dari : 23 WK Pertamina sebagai operator, 3 WK berupa Badan Operasi Bersama (BOB)/JOB, 14 WK Pertamina sebagai Partner/Non Operator, tentunya sangat diharapkan untuk terus melakukan kegiatan eksplorasi secara massif.

Selain itu, Dwi juga mengingatkan, bahwa apa yang dilakukan masih jauh dari selesai, karena setelah survei dan pengolahan data, masih ada kegiatan lanjutan yang harus dilakukan dan membutuhkan usaha yang optimal kegiatan eksplorasi.

Antara lain percepatan pengeboran sumur eksplorasi, dimana dari rencana pemboran 24 sumur eksplorasi oleh Pertamina Group pada tahun 2022 ini, hingga saat ini baru terealisasi 7 sumur.

“Kami juga berharap Pertamina dapat melakukan percepatan monetisasi undeveloped discovery yang bisa meningkatkan produksi dalam waktu dekat, kemudian percepatan FTG Kutei-Barito dan Area Mamberamo, serta tentu saja langkah-langkah percepatan eksplorasi sleeping area di Pertamina lainnya," imbuh Dwi.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)