The Real Sultan, 5 Orang Kaya Indonesia Ini Pernah Beli Klub Bola Luar Negeri

Kamis, 09 Juni 2022 - 17:21 WIB
loading...
A A A
Pemilik Grup Djarum Hartono bersaudara, yakni Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono melalui Entertainment Ltd melakukan manuver bisnis dengan membeli klub sepak bola asal Italia Seri C, Como 1907.

Hartono bersaudara masuk daftar orang terkaya di Indonesia. Duo Djarum ini melakukan negosiasi sejak April 2019. Suntikan dana tersebut angin segar bagi Como yang tengah bangkit pada 2017, setelah dinyatakan bangkrut pada tahun 2004. Padahal pada musim 2002 hingga 2003 mereka sempat merasakan atmosfer Seri A.

4. Imam Arif

Juara Premier League 2015-2016 Leichester City pernah dimiliki oleh Imam Arif seorang pengusaha Indonesia. Tahun 2011 memiliki 20% saham klub. Namun usia kepemilikan saham tidak berlangsung lama, hanya setahun lalu melepas seluruh saham kepada pengusaha asal Thailand Vichai Srivaddhanaprabha yang juga sponsor utama Leichester.

5. Santini Grup

Jaringan bisnis milik keluarga Wanandi belum lama ini dikabarkan telah membeli saham milik klub Liga 1 atau tingkat ketiga dalam sistem Liga Inggris Tranmere Rovers.

Pihak klub tidak menjelaskan berapa besar saham yang dimiliki oleh Santini Grup. Namun kabarnya mereka menjadi salah satu pemilik saham minoritas seperti dikutip dari laman resmi klub Tranmere Rovers.

Pendanaan awal yang diberikan keluarga Wanandi tersebut digunakan untuk menambah infrastruktur Stadion Prenton Park salah satunya digunakan untuk penguatan wifi. Selain itu juga untuk mengembangkan nilai klub di pasar internasional termasuk di Asia.

Sebagai informasi, Santini Grup bergerak di bidang otomotif, farmasi, pengembangan properti dan sumber daya alam. Pemilik grup saat ini adalah Sofyan Wanandi yang berdiri sejak 1994 dan diturunkan kepada ketiga anaknya Wandi, Lukito dan Paulus Wanandi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1001 seconds (0.1#10.140)