Material Unik untuk Percantik Pagar Rumah

Rabu, 24 Juni 2020 - 11:49 WIB
loading...
A A A
Material pagar yang selalu menjadi favorit dan diandalkan adalah besi. Ada beberapa nilai lebih yang membuat besi banyak dipakai untuk pagar, salah satunya daya tahan yang tinggi terhadap cuaca.

"Permasalahan yang sering ditemukan pada pagar besi adalah bagian cat yang mengelupas dan pudar. Tapi di samping itu, besi mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan desain," kata Yoshi. (Baca juga: Cita Rasa Dessert Dalam Secangkir Kopi)

Selain itu, pagar yang terbuat dari material besi masih terjangkau. Harga pagar besi umumnya berkisar Rp500 ribu sampai Rp 1 jutaan per meter dengan ketinggian tak lebih dari 1 meter.

Tidak hanya besi, pagar dengan materia kayu tampaknya tengah digandrungi. Namun, penggunaan kayu solid asli saat ini sudah mulai ditinggalkan mengingat material ini karakternya tidak tahan terhadap cuaca.

Alternatif penggunaan kayu bisa memakai bahan imitasi, baik yang kayunya hanya jadi pelapis atas atau bahkan yang sama sekali tidak memiliki unsur kayu tetapi berpenampilan sangat mirip kayu.

"Pada pagar yang terbuat dari kayu maupun besi yang bermotif kayu, pemasangannya disusun vertikal dan diberi penopang batang yang diletakkan secara horizontal agar kayu atau besi mampu menahan tekukan vertikal," tambahnya. (Aprilia S Andyna)

Tips n Trik agar Pagar Tidak Berkarat

1. Sikat bagian logam (besi) yang berkarat, kemudian amplas hingga bagian tersebut benar-benar bersih.

2. Bila pada permukaan besi masih ada kotoran, debu, dan minyak, maka bisa membersihkannya dengan menggunakan kain lap kering. (Lihat videonya: Heboh! Pemuda di Lombok Nikahi Dua Gadis Sekaligus)

3. Memulas kembali pagar dengan menggunakan cat besi yang mengandung antikarat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0870 seconds (0.1#10.140)