5 Permasalahan Finansial dan Solusinya ala MotionBanking

Rabu, 15 Juni 2022 - 10:00 WIB
loading...
5 Permasalahan Finansial dan Solusinya ala MotionBanking
Mengelola keuangan bisa menjadi masalah bagi kebanyakan orang di seluruh dunia. Berikut 5 permasalahan finansial beserta solusinya ala MotionBanking:
A A A
JAKARTA - Mengelola keuangan bisa menjadi masalah bagi kebanyakan orang di seluruh dunia. Perencanaan keuangan seringkali gagal karena munculnya permasalahan pada cara mengelola dan mengalokasikan keuangan, inilah yang kerap kali disebut sebagai gagap finansial.

Gagap finansial dapat diartikan sebagai ketidakmampuan dalam mengatur keuangan dengan baik sehingga akan memicu masalah finansial yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.



Pada umumnya yang menyebabkan masalah keuangan adalah faktor pendidikan dan gaya hidup. Hal ini tidak berhubungan dengan banyak atau sedikitnya pendapatan yang dimiliki oleh seseorang, namun bagaimana orang tersebut mampu mengelola keuangan pribadi maupun keuangan untuk kebutuhan keluarganya dengan baik, rinci dan disiplin.

Berdasarkan survei indeks literasi keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), masyarakat Indonesia memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah dengan indeks literasi 38,03 persen dari total populasi.

Namun, tahukah Anda, ada 5 permasalahan finansial yang kerap dihadapi oleh masyarakat Indonesia? Berikut 5 permasalahan finansial beserta solusinya ala MotionBanking :

1. Gagal berbisnis atau terkena dampak PHK
Untuk menghindari dampak besar dari situasi ini, yang sebaiknya dilakukan adalah dengan memiliki dana darurat minimal 6 kali dari pengeluaran. Dengan begitu, setidaknya Anda bisa bertahan dengan gaya hidup biasa hingga mendapatkan pekerjaan baru.

2. Hutang yang tidak berujung
Pastikan jika Anda perlu untuk berhutang, lakukan dengan batas maksimal 35% dari penghasilan. Usahakan untuk tidak lebih dari batas ini.

3. Sakit-sakitan
Dianjurkan agar Anda memiliki asuransi BPJS Kesehatan atau asuransi swasta yang dapat membantu meringankan biaya pengobatan Anda.

4. Tidak punya aset
Prioritaskan tujuan finansialmu untuk kebutuhan ini dengan cara berinvestasi atau tabungan ditujukan untuk kepentingan finansial jangka pendek.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3204 seconds (0.1#10.140)