Biaya Perawatan Mahal, Fuji Kirim Kapal Pesiar Super Mewah Rusia ke AS

Senin, 20 Juni 2022 - 19:12 WIB
loading...
Biaya Perawatan Mahal, Fuji Kirim Kapal Pesiar Super Mewah Rusia ke AS
Kapal pesiar super mewah atau superyacht yang disita oleh Fuji bulan lalu atas permintaan pihak berwenang Amerika Serikat (AS) telah tiba di Hawai. Foto/Dok
A A A
HAWAI - Kapal pesiar super mewah atau superyacht yang disita oleh Fuji bulan lalu atas permintaan pihak berwenang Amerika Serikat (AS) telah tiba di Hawai. Harga kapal pesiar mewah bernama Amadea itu diyakini senilai USD300 juta yang merupakan milik oligarki Rusia , Suleiman Kerimov yang terkena sanksi.

Merapatnya kapal pesiar super mewah Rusia itu ke Hawai, berdasarkan data pelacakan kapal Refinitiv Eikon. Sementara itu satuan tugas KleptoCapture Departemen Kehakiman AS telah fokus pada penyitaan kapal pesiar dan aset mewah oligarki Rusia lainnya dalam upaya untuk menekan Presiden Rusia Vladimir Putin atas perang di Ukraina.



Kapal pesiar sepanjang 106 meter (350 kaki) itu meninggalkan pelabuhan Lautoka Fiji pekan lalu setelah Mahkamah Agung negara kepulauan Pasifik itu memutuskan, kapal pesiar mewah tersebut harus meninggalkan negara itu karena mahalnya biaya perawatan bagi pemerintah.

Data dari Refinitiv menunjukkan kapal itu ditambatkan di Honolulu pada Kamis sore. Sebagai informasi, kapal pesiar super mewah pertama kali tiba di Fiji di mana ia disita pada 13 April setelah perjalanan 18 hari dari Meksiko.

FBI mengatakan, dalam sebuah surat pernyataan bahwa kapal itu mematikan sistem informasi otomatisnya pada 24 Februari, hampir setelah Rusia menginvasi Ukraina, sebagai bagian dari upaya untuk menghindari penyitaan. Rusia sendiri menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi militer khusus."

Pengacara pemilik Amadea, Millemarin Investment Ltd yang terdaftar di Kepulauan Cayman menerangkan, kepada pengadilan Fiji bahwa Amadea tidak dimiliki oleh Kerimov, tetapi oleh oligarki Rusia lainnya yang belum terkana sanksi, mantan Kepala Rosneft (ROSN. MM), Eduard Khudainatov.



Amerika Serikat menuduh Kerimov merupakan pemilik Amadea yang sebenarnya, tetapi banyak bukti dalam surat perintah penyitaan 13 April dihapus dalam versi yang dirilis ke publik.

Kerimov dijatuhi sanksi oleh Amerika Serikat pada 2014 dan 2018 sebagai tanggapan atas tindakan Rusia di Suriah dan Ukraina. Dia juga telah dijatuhi sanksi oleh Uni Eropa.

Amadea sebelumnya berlayar di bawah bendera Kepulauan Cayman, menurut database pelayaran publik Equasis. Data Eikon menunjukkan ia telah tiba di Hawai.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)