Ini 6 Pemakaman Para Sultan, Harganya Bisa Tembus Miliaran Rupiah

Selasa, 21 Juni 2022 - 08:17 WIB
loading...
Ini 6 Pemakaman Para Sultan, Harganya Bisa Tembus Miliaran Rupiah
Sandiego Hills menjadi pemakaman termahal di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemakaman bagi sebagian orang tak hanya tempat peristirahatan terakhir, tapi juga bisa menjadi simbol status sosial. Semakin mewah pemakaman, cenderung menunjukkan kian tinggi status sosial seseorang.



Di Indonesia kini mulai menjamur pemakaman mewah yang ditujukan untuk kalangan para sultan di sini. Biayanya bisa membuat orang kebanyakan terheran-heran. Harganya bisa melebihi sebuah rumah mewah yang menjadi hunian orang-orang yang masih bernapas.

Dilansir dari dalam live program 1st Session Closing IDX Channel, Selasa (14/06/2022), ini beberapa kuburan para sultan yang kebanyakan uang.

1. Raudlatul Jannah Memorial Park

Pemakaman mewah khusus muslim ini berlokasi di Jalan Kuta Tandingan, Margakaya, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang. Pemakaman ini dikembangkan oleh PT Lippo Karawaci Tbk yang sebelumnya mengelola pemakaman San Diego Hills. Kompleks Raudlatul Jannah dilengkapi fasilitas mewah dan lengkap. Mulai dari gazebo, masjid, restoran, hingga keamanan 24 jam.

Kompleks pemakaman ini menawarkan lima tipe unit makam, yakni Single 1 Unit, Single Paket 2, Single Paket 10, Semi Private Tengah, dan yang terluas adalah Semi Private HUK. Harga yang ditawarkan mulai Rp39,1 juta hingga Rp209,7 juta.

2. Gunung Gadung Bogor

Pemakaman Gunung Gadung adalah komplek makam yang terletak di Cipaku, Kota Bogor, Jawa Barat. Dengan luas mencapai 120 hektare, menjadikan Pemakaman Gunung Gadung sebagai salah satu TPU terbesar di Indonesia. Pemakaman ini dikelola oleh 5 yayasan yang berarti para keluarga tidak usah lagi pusing mengurus proses penguburan karena sudah ada panitia dan perlengkapan yang disediakan langsung dari pihak TPU. Harga standar makam ukuran 4 x 4 meter di TPU Gunung Gadung beserta bangunannya dihargai mulai Rp50 juta.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5703 seconds (0.1#10.140)