Profil Pilot Wanita Garuda Indonesia, Patricia Yora yang Lahir dari Keluarga Penerbang

Rabu, 22 Juni 2022 - 13:05 WIB
loading...
Profil Pilot Wanita Garuda Indonesia, Patricia Yora yang Lahir dari Keluarga Penerbang
Pilot wanita memang kerap menarik perhatian lantaran profesi ini didominasi oleh kaum pria. Foto DOK Instagram @patriciayora
A A A
JAKARTA - Pilot wanita memang kerap menarik perhatian lantaran profesi ini didominasi oleh kaum pria. Berbagai alasan unik ditemui dari mereka yang menjadi pilot wanita, misalnya saja karena mengikuti jejak keluarga .

Adalah Patricia Yora. Wanita kelahiran Bogor, 7 November 1991 ini memiliki keluarga yang berprofesi sebagai pilot. Salah satunya adalah Ayahnya yang menawarkan kepada Paricia adanya beasiswa pilot.

Baca juga : Profil Pilot Wanita Garuda Indonesia, Sarah Widyanti Kusuma yang Mempesona

Dilansir dari berbagai sumber, saat itu, Patricia Yora baru lulus SMA dan sudah diterima di Universitas Atmajaya Fakultas Psikologi. Lantaran ditawari beasiswa pilot dari ayahnya, Patricia akhirnya dapat lolos tes dan mendapatkan beasiswa pendidikan pilot. Dia melepas Fakultas Psikologi di Universitas Atmajaya dan beralih menjadi pilot yang sesuai dengan keinginan Ayahnya itu.

Masa pendidikannya di STPI Curug, Patricia sempat mengendalikan pesawat Cessna 150 dan Cessna 172, pada tahun 2011. Setelah lulus dari sekolah penerbangan tersebut dia bergabung dengan maskapai swasta nasional serta dipercaya mengendalikan Airbus a320.

Pada September 2014 saat usianya menginjak 23 tahun, Patricia Yora resmi bergabung sebagai co-pilot di PT Garuda Indonesia dan sempat mengendalikan Airbus a330. Hingga saat ini dia masih dipercaya menjadi juru kemudi Maskapai Garuda Indonesia dengan wilayah tempuh mulai dari perjalanan nasional hingga kawasan Asia Pasifik dan sebagian wilayah Eropa.

Pernah menjadi pilot untuk beberapa maskapai ini memberikan banyak pelajaran yang berharga bagi pilot wanita ini. Patricia telah merasakan pengalaman menerbangkan pesawat dengan berbagai jenis dan kelas pelayanan mulai dari medium cost, low cost, hingga full service selama beberapa tahun ini.

Baca juga : Mendarat di Indonesia, Pilot Wanita Termuda Dunia Kesengsem Sate Ayam

Menjadi pilot wanita muda tanah air dengan paras cantik tentunya menjadi sorotan publik kala itu, terutama di media sosial. Karena itu dia sering menjadi perbincangan warganet. Tak sedikit juga yang mengidolakannya dan menjadikannya inspirasi terutama bagi kaum wanita.

Patricia sendiri telah menikah dengan Afindra Firman yang juga memiliki profesi yang sama di dunia penerbangan Indonesia. Keduanya telah dikaruniai seorang anak perempuan cantik bernama Arcely. Kedekatan mereka sering ditunjukkan dalam akun instagram milik Patricia @patriciayora. Pada 2017 lalu mereka sempat berlibur ke Selandia Baru dan mengunjungi Aoraki/Mount Cook National Park.

Pilot wanita ini memang dikenal sering melakukan perjalanan wisata ke luar negeri, mulai dari Beijing China hingga New York Amerika Serikat. Meskipun pada awalnya wanita ini tidak terpikir untuk menjadi pilot yang sama seperti Ayahnya, namun dengan usahanya dia bisa mewujudkan hal tersebut dan menjadi wanita yang mapan saat ini.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2478 seconds (11.252#12.26)