Pemerintah akan terbitkan SNI kopi

Jum'at, 15 November 2013 - 15:29 WIB
Pemerintah akan terbitkan SNI kopi
Pemerintah akan terbitkan SNI kopi
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mempersiapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang sengaja ditujukan untuk melindungi kopi luwak Indonesia yang saat ini menjadi icon kopi di dunia.

"Akan ada SNI kopi, membuat standardisasi untuk komoditas semacam kopi. Kalau kopi luwak ini karena ini masih tergolong produk eksotis, ya kita biarkan saja," ujar Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (15/11/2013).

Menurutnya, jika dilihat secara mass production, produksi kopi Indonesia tertinggal jauh dari Vietnam. Saat ini, selain kopi luwak, Indonesia juga tengah mengembangkan speciality coffee.

Dia menambahkan, meski Vietnam dan Philipina juga memproduksi kopi jenis ini, keduanya mengakui bahwa kopi luwak asli dari Indonesia. "Kita lagi sangat kuat dengan exotic cofee. Sekarang juga sedang ada peningkatan speciality coffee, misal kopi kintamani, kopi Toraja, kopi Flores, dan lain-lain," ucapnya.

Speciality coffee ini memang sedang gencar diusung oleh Kemendag dan dipromosikan di mancanegara, karena speciality coffee ternyata menarik perhatian dunia internasional.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6294 seconds (0.1#10.140)