Menkeu Singgung Subsidi Jumbo BBM dan LPG hingga Rp75 Triliun, Ini Respons Pertamina

Jum'at, 24 Juni 2022 - 17:10 WIB
loading...
Menkeu Singgung Subsidi Jumbo BBM dan LPG hingga Rp75 Triliun, Ini Respons Pertamina
Total dana APBN yang digelontorkan negara untuk kompensasi subsidi BBM dan LPG mencapai Rp75 triliun. Foto/Dok SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
JAKARTA - Pemerintah menganggarkan dana jumbo untuk menyubsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) yaitu mencapai Rp75 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencatat subsidi untuk tahun 2022 sebesar Rp65,24 triliun dan kurang bayar pada 2021 senilai Rp10,17 triliun.

Sehingga, total dana APBN yang digelontorkan negara untuk kompensasi subsidi BBM dan LPG mencapai Rp75 triliun.

Besarnya angka subsidi yang digelontorkan pemerintah untuk BBM dan LPG mengharuskan PT Pertamina (Persero) memastikan distribusi BBM dan LPG Subsidi agar tepat sasaran.

Selain itu juga mencegah terjadinya penyalahgunaan di mata rantai distribusi mulai dari terminal BBM hingga SPBU.



Pjs Vice President Corporate Communication Pertamina, Heppy Wulansari menyebut berbagai upaya telah dilakukan pihaknya agar distribusi BBM dan LPG tepat sasaran.

Adapun langkah yang dimaksud adalah memperketat pengawasan di SPBU dengan menerapkan sistem digitalisasi dan pemasangan CCTV di setiap pulau pompa. Perseroan juga melakukan koordinasi khusus dengan aparat penegak hukum.

Di sisi distribusi, Pertamina telah menerapkan monitoring GPS mobil tangki khususnya pengangkut BBM bersubsidi, khususnya jenis solar untuk antisipasi adanya potensi mobil tangki berhenti di jalur yang tidak wajar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)