Jenius Luncurkan Fitur Moneytory Pencatatan Keuangan

Kamis, 25 Juni 2020 - 16:01 WIB
loading...
Jenius Luncurkan Fitur Moneytory Pencatatan Keuangan
Aplikasi perbankan digital, Jenius, meluncurkan fitur anyar Moneytory. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Aplikasi perbankan digital, Jenius meluncurkan fitur anyar yang memudahkan pengguna mengatur arus kas (cash flow). Fitur baru bernama Moneytory ini membantu pengguna mengelola cash flow mereka melalui pencatatan pengeluaran dan pemasukan secara otomatis melalui aplikasi Jenius.

Digital Banking Head Bank BTPN Irwan Tisnabudi menjelaskan, fitur Moneytory mencatat pemasukan dan pengeluaran dari transaksi uang masuk dan uang keluar di saldo aktif dan kartu debit utama (m-Card). Pengguna juga bisa mengetahui ringkasan kondisi finansial secara jelas.

"Mulai dari berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran, berapa selisih di antara keduanya, dan melihat grafik pengeluaran dengan mudah berdasarkan tanggal dan nominalnya," ujar Irwan di Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Irwan menegaskan kehadiran fitur Moneytory bertujuan untuk mewujudkan kondisi finansial masyarakat secara sehat. Pencatatan finansial merupakan hal mendasar untuk mengetahui kondisi finansial seseorang sehat atau tidak, serta membantu dalam perencanaan keuangan.

"Moneytory hadir sebagai personal financial management tool yang membantu pengguna mencatat pengeluaran dan pemasukan secara otomatis melalui aplikasi Jenius. Fitur ini kami kembangkan berdasarkan masukan dan feedback dari proses kokreasi dan kolaborasi dengan masyarakat digital savvy Indonesia," ungkapnya.

(Baca Juga: Pengunduh Aplikasi Jenius BTPN Tumbuh 97,8% di 2019)

Pada fitur Moneytory terdapat dua informasi utama, yaitu pemasukan dan pengeluaran. Pada halaman utama Moneytory, pengguna bisa melihat jumlah total pemasukan dan pengeluaran beserta diagram persentase sesuai kategorinya, jumlah selisih antara pemasukan dan pengeluaran, serta highlights berisi tren pengeluaran yang menampilkan grafik pengeluaran sesuai tanggal juga nominalnya.

Setiap transaksi daring (online) dan luring (offline) yang pengguna lakukan dengan saldo aktif dan m-Card, secara otomatis akan mengubah data pengeluaran di Moneytory sesuai kategorinya. Mulai dari transfer uang, top up e-wallet, bayar tagihan, transaksi daring, hingga transaksi luring seperti bertransaksi di restoran ataupun supermarket.

"Jika transaksi pengguna belum sesuai kategori yang ada, datanya akan tercatat ke bagian 'Belum Terkategori' dan pengguna bisa langsung menyesuaikannya," ungkap Irwan.

Fitur baru Moneytory pada aplikasi Jenius ini diapresiasi pengguna. Salah satunya content creator Jonatahn End yang mengaku termudahkan dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran secara otomatis dari di Jenius tanpa perlu berpindah aplikasi.

"Saya juga bisa melihat langsung ringkasan pengeluaran apa saja yang saya lakukan berdasarkan periode tertentu yang sudah dikategorikan. Saya dapat mengetahui dengan jelas untuk keperluan apa saja uang saya dihabiskan sehingga dapat mengelola cash flow dengan lebih simple dan cerdas tanpa perlu pindah-pindah aplikasi. Enggak ada alasan malas lagi untuk mencatat finansial," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)