Pacu Literasi Digital, Kominfo Sasar UMKM dan Ultra Mikro

Sabtu, 25 Juni 2022 - 15:16 WIB
loading...
Pacu Literasi Digital, Kominfo Sasar UMKM dan Ultra Mikro
Konsumen melakukan pembayaran secara digital saat membeli makanan di sebuah restoran. Foto/Dok SINDOnews/Hasiholan Siahaan
A A A
JAKARTA - Pemerintah menargetkan sebanyak 30 juta pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masuk dalam ekosistem digital pada 2024. Sejalan dengan itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggencarkan program literasi digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam sambutannya secara virtual pada program Makin Cakap Digital mengatakan, sejak 2017 hingga saat ini, program literasi digital sudah menjangkau 12,6 juta masyarakat dan tahun 2022 ditargetkan sebanyak 5,5 juta masyarakat.

“Untuk tahun ini Kominfo juga akan menyasar kelompok-kelompok strategis dalam masyarakat seperti perempuan, UMKM dan ultra mikro, penyandang disabilitas hingga petani dan nelayan,” ujarnya, dikutip Sabtu (25/6/2022).

Menurut Johnny, Kominfo secara konsisten menjalankan literasi digital untuk memaksimalkan potensi ruang digital dan meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan internet seperti kabar bohong alias hoaks serta beragam kejahatan siber.

“Program literasi digital nasional ini akan terus digulirkan untuk dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonesia hingga berbagai pelosok negeri tanpa kecuali,” tandasnya.



Memasuki era digital yang serba cepat membuat masyarakat membutuhkan talenta digital yang mumpuni. Perpaduan antara tehnikal skill seperti kemampuan Artificial Intelegent (AI), big data dan cloud computing berpadu soft skills seperti critical thinking, kolaborasi dan komunikasi akan menghasilkan kemampuan yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0 saat ini.

"Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar," kata Menkominfo.

Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APGI) tahun 2022 menyebutkan lebih dari 210 juta penduduk Indonesia atau sekitar 77% dari total penduduk sudah menjadi pengguna internet.

Untuk itu, diperlukan kesiapan SDM agar mampu memanfaatkan internet secara positif dan meminimalisir dampak buruknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)