Produk Minyak Makan Merah Bisa Diandalkan untuk Atasi Stunting

Jum'at, 08 Juli 2022 - 08:13 WIB
loading...
A A A
Lebih lanjut, Edwin menjelaskan, selain sebagai sumber lemak (zat gizi dasar), minyak makan merah, mengandung senyawa fitonutrien yang memiliki sifat sebagai antioksidan dan bioaktivitas lainnya. Kandungan asam oleat dan asam linoleat dalam minyak makan merah, berfungsi untuk pembentukan dan perkembangan otak, transportasi dan metabolisme pada anak. Minyak makan merah juga sesuai digunakan untuk menumis bahan pangan, salad dressing, serta bahan baku margarin dan shortening.

Teknologi produksi minyak makan merah ini dapat dikembangkan pada skala usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pelaku usaha kecil berpotensi meningkatkan nilai tambah dan peningkatan kesejahteraan pekebun, melalui proses pengembangan usaha berbasis produk turunan kelapa sawit berbasis pemberdayaan koperasi.

Produk inovatif ini dapat menjadi solusi untuk pemenuhan zat gizi bagi masyarakat Indonesia. Edukasi dan sosialisasi tentang manfaat dari minyak makan merah perlu dilakukan agar bahan pangan itu dan produk diversifikasinya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Ke depan kami berharap pabrik pengolahan minyak makan merah dapat diintegrasikan dengan pabrik kelapa sawit yang ada di wilayah kerja PTPN, sehingga kebutuhan minyak makan yang bergizi dan murah bagi karyawan dan masyarakat sekitar dapat dipenuhi,” ujar Abdul Ghani.

Selain inovasi tersebut, PPKS menjadi center of excellence di bidang penelitian kelapa sawit dan telah berperan penting dalam perkembangan industri sawit di Indonesia. PPKS merupakan produsen benih kelapa sawit terbesar di Indonesia yang telah menghasilkan berbagai varietas benih kelapa sawit unggul yang digunakan di perkebunan kelapa sawit, baik perkebunan negara, swasta, maupun perkebunan rakyat.

PPKS turut serta dalam Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dan berperan aktif dalam mengedukasi pekebun kelapa sawit mengenai pentingnya penggunaan bahan tanaman unggul, penerapan kultur teknis melalui kegiatan diseminasi secara langsung maupun melalui media sosial PPKS.



Saat ini, PPKS tengah mengembangkan pupuk hayati Bioneensis yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman, kesehatan dan kesuburan tanah. Pupuk hayati ini menjadi primadona di perkebunan kelapa sawit di tengah tingginya harga pupuk.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)