Mengungkap Fakta-fakta Perusahaan Barat di Lingkaran Sektor Migas Rusia

Jum'at, 08 Juli 2022 - 07:18 WIB
loading...
Mengungkap Fakta-fakta Perusahaan Barat di Lingkaran Sektor Migas Rusia
Berikut adalah beberapa fakta tentang perusahaan Barat di sektor minyak dan gas Rusia, serta bagaimana respons mereka terhadap perang Ukraina dan sanksi. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani dekrit untuk merebut kendali penuh atas proyek gas dan minyak Sakhalin-2 di Rusia yang dapat memaksa keluar Shell dan investor Jepang. Hal itu menjadi langkah terbaru Moskow dalam perang ekonomi dengan Barat dan sekutunya.



Berikut adalah beberapa fakta tentang perusahaan Barat di sektor minyak dan gas Rusia, serta bagaimana responsmereka terhadap perang Ukraina dan sanksi:

- BASF

Pembuat bahan kimia Jerman (BASFn.DE) yang ikut memiliki Wintershall Dea (WINT.UL) dengan grup LetterOne milik miliarder Rusia Mikhail Fridman, sebelumnya mengatakan, pihaknya menghasilkan 1% dari penjualan grup dari Rusia.

Wintershall Dea, mitra jangka panjang Gazprom Rusia (GAZP. MM) mengatakan, pada bulan April bahwa mereka telah menghentikan proyek dan pembayaran baru ke Rusia tetapi akan mempertahankan aset di sana. Perusahaan ini adalah pendukung keuangan dari pipa gas Nord Stream 2 yang sedang ditangguhkan dari Rusia ke Jerman.

- BP

Perusahaan energi Inggris (BP. L) mengatakan, memilih keluar dari 19,75% sahamnya di Rosneft Rusia, yang dipimpin oleh Igor Sechin, sekutu Presiden Vladimir Putin. Rosneft menyumbang sepertiga dari produksi minyak dan gas BP pada tahun 2021.

Sechin mengatakan, pada 18 Juni bahwa BP tetap menjadi pemegang saham swasta terbesar Rosneft. BP menuliskan nilai kepemilikan sahamnya menjadi nol dan mengalami penurunan nilai sebelum pajak sebesar USD25,5 miliar pada aset Rusia pada akhir Maret.

- CHEVRON
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)