Hadirkan 4 Zona Pariwisata, BPOLBF Dorong Partisipasi Masyarakat Lokal

Minggu, 10 Juli 2022 - 15:15 WIB
loading...
A A A
Zona ini akan menampilkan atraksi seperti hikayat komodo, pertunjukan senin budaya, museum, galeri kebudayaan lokal, wisata agrikultur atau agrowisata, dan bukit do’a.

Selanjutnya, Zona Alam Liar dengan konsep menjaga eksotisme kehidupan alam liar berjalan beriringan dan menjadi daya tarik wisata, sebagai ruang untuk memperlihatkan cagar biosfer komodo kepada wisatawan.

“Di dalamnya akan menampilkan atraksi natural reserve gallery, mini zoo, night safari dan lumina forest," urai Shana.

Berikutnya adalah Zona Petualangan dengan konsep memberikan petualangan dan berbagai kegiatan alam terbuka yang unik dan berbeda.

Di dalamnya akan menampilkan atraksi seperti glamping, hiking and biking track, zipline coaster, tree top net playground, sky coaster, ATV offroad track, tree top cycling, glass walkway, flying fox dan outbound package.

Terakhir, Zona Hiburan dengan konsep menjadikan destinasi yang menyediakan berbagai aktivitas hiburan dan self-treatment, di dalamnya berisi berbagai atraksi seperti sky restaurant, wedding venue, sunset view point, spa and wellness, forest pavilion dan park area.

Lebih lanjut Shana menyatakan, keberadaan kawasan pariwisata otorita Labuan Bajo disangga oleh dua desa dan satu kelurahan, yaitu Desa Gorontalo, Desa Golo Bilas dan Kelurahan Wae Kelambu.

Dia menjelaskan, sejak dua tahun lalu BPOLBF banyak melakukan program pemberdayaan masyarakat di wilayah tersebut yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat sekitar.



Misalnya, dengan karang taruna desa Golo Bilas melakukan pelatihan hidroponik dan dukungan bagi sanggar budayanya. Lalu, dengan desa Gorontalo melakukan program daur ulang sampah limbah plastic, dan dengan kelurahan Wae Kelambu melalui program pengolahan sampah. Selain itu juga program pelestarian budaya Manggarai di kampung adat sekitar, seperti kampung adat Kaper.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)