Menanti Adu Kuat Antara Dampak Inflasi AS dan Ekonomi Domestik

Senin, 11 Juli 2022 - 22:07 WIB
loading...
Menanti Adu Kuat Antara Dampak Inflasi AS dan Ekonomi Domestik
Pasar saham akan dipengaruhi dampak inflasi AS dan solidnya ekonomi domestik. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pasar saham domestik serta para pelaku pasar atau investor tengah menunggu dan mewaspadai gejolak pasar jelang rilis data inflasi Amerika Serikat (AS). Bank sentral AS atau The Federal Reserve ( The Fed ) bersiap menaikkan suku bunga untuk mengendalikan inflasi.



Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Nafan Aji Gusta mengatakan, para pelaku pasar dalam negeri juga mencermati dampak dari naiknya inflasi AS yang dapat menyebabkan kinerja rupiah terdepresiasi terhadap dolar.

"Utamanya jika terjadi suatu risiko, seperti kenaikan inflasi yang tidak bisa diimbangi dengan adanya pertumbuhan ekonomi," kata dia saat dihubungi MPI di Jakarta, Senin (11/7/2022).

Nafan menambahkan, belum usainya konflik antar Rusia dan Ukraina juga akan menambah efek domino negatif terhadap kinerja bursa di negara-negara yang masuk dalam kategori emerging market.



Meski demikian, kinerja pasar domestik akan ditopang oleh rilis laporan kinerja keuangan emiten yang diperkirakan lebih baik dibandingkan kinerja pada kuartal I 2022, sehingga dapat mengurangi adanya tekanan dari kekhawatiran naiknya inflasi AS.

"Para pelaku pasar masih akan berhati-hati untuk melakukan investasi pada instrumen yang berisiko. Di sisi lain, fundamental ekonomi domestik yang berjalan dengan solid meningkatkan keyakinan investor terhadap kinerja pasar dalam negeri," kata dia.

Sebagaimana diketahui, The Fed sebelumnya telah menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin. Kenaikan tersebut merupakan yang paling agresif yang pernah dilakukan The Fed sejak 1994.



The Fed sudah menaikkan suku bunga sebanyak tiga kali, yakni pada Maret sebesar 25 bps, dilanjutkan 50 bps pada bulan Mei dan 75 bps pada Juni lalu.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)