5 Negara dengan Utang Paling Sedikit di Dunia, Nomor 4 Termiskin di Asia

Jum'at, 15 Juli 2022 - 21:02 WIB
loading...
5 Negara dengan Utang Paling Sedikit di Dunia, Nomor 4 Termiskin di Asia
Sejumlah negara diketahui memiliki utang paling sedikit di dunia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara diketahui memiliki utang paling sedikit di dunia. Tak hanya negara-negara miskin yang memiliki utang, beberapa negara maju bahkan superpower sekalipun memiliki utang dengan rasio tertentu.

Rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) menjadi salah satu indikator kesehatan ekonomi suatu negara. Namun, besarnya rasio utang terhadap PDB tidak dapat dijadikan sebagai indikator bahwa suatu negara akan mengalami kebangkrutan.

Beberapa negara diketahui memiliki rasio utang terhadap PDB yang rendah dan secara umum ini kondisi yang diharapkan.

Meski begitu, rasio yang rendah ini tidak selalu menunjukkan bahwa ekonomi di negara tersebut sehat. Rasio utang rendah bisa jadi karena tingkat utang dan PDB negara tersebut yang juga rendah.

Bahkan, dalam beberapa kasus, ekonomi suatu negara dapat menjadi lebih sehat dalam jangka panjang jika negara tersebut meminjam dari negara lain dan berinvestasi besar-besaran untuk pertumbuhan ekonomi.



Pada fungsinya, utang merupakan salah satu sumber pembiayaan yang digunakan sebuah negara untuk menutupi defisit anggaran dan belanja negara.

Sepanjang digunakan untuk belanja produktif, utang akan memberikan hasil yang positif bagi pertumbuhan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat.

Berikut ini beberapa negara dengan utang paling sedikit di dunia, dilansir dari laman economicshelp.org yang diolah dari data IMF (update per 1 September 2021):

1. Kongo
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5266 seconds (0.1#10.140)