Rhenald Kasali Ungkap Banyak Salah Tafsir Soal Fenomena Bakar Uang

Jum'at, 22 Juli 2022 - 16:53 WIB
loading...
Rhenald Kasali Ungkap Banyak Salah Tafsir Soal Fenomena Bakar Uang
Pakar manajemen bisnis, Rhenald Kasali mengatakan, banyak yang salah tafsir soal fenomena bakar uang yang identik dengan perusahaan rintisan atau startup. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pakar manajemen bisnis , Rhenald Kasali mengatakan, bahwa banyak analisis yang mengatakan maraknya kasus PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) karyawan startup di Indonesia dinilai karena adanya fenomena bakar uang. Belakangan ini banyak perusahaan rintisan atau startup di tanah air yang melakukan PHK, setidaknya ada 6 yakni Tanihub, Zenius, LinkAja, Pahamify, JD.ID, dan MPL.

"Hal ini membuat semuanya percaya kalau startup bakar uang itu sangat berbahaya dan seakan-akan startup identik dengan bakar uang," jelas Rhenald Kasali melalui akun YouTubenya dikutip, Jumat (22/7/2022).



Dia menjelaskan, bahwa fenomena bakar uang bahkan disenangi oleh para investor karena bagi para investor itu adalah suatu paradigma dan suatu cara berpikir. "Investor percaya dengan bakar uang mereka akan menciptakan masa depan," jelasnya.

Menurutnya banyak yang salah tafsir terhadap fenomena bakar uang ini. Bahkan dana yang dialokasikan oleh perusahaan untuk promosi iklan juga dinilai sebagai bakar uang, padahal itu merupakan ajang promosi.

"Padahal bakar uang itu jika membeli dengan jumlah mahal, namun dijual dengan harga termurah yang tujuannya adalah untuk menyingkirkan kompetitor," ucapnya.



Diterangkan bahwa bakar uang yang dilakukan startup bukan untuk menyingkirkan kompetitor, melainkan untuk melakukan distrubsi yakni menciptakan suatu yang baru dengan membidik pasar yang di bawah. Startup berlomba-lomba untuk menghadirkan harga jasa yang murah untuk selanjutnya akan diperhatikan apakah permintaan tersebut naik atau tidak.

"Begitu sudah naik kemudian mereka kasih jeda selama beberapa waktu, dan melihat jika mereka tidak bakar uang apakah konsumen ini akan turun dan beralih ke tempat yang lain," ucap Rhenald Kasali.

Oleh sebab itu pemilik produk menurutnya harus bakar uang bahkan berkali-kali untuk mencapai kestabilan. "Kalau mereka sudah balik modal, maka ekonomi mereka akan stabil dan bisa go public," ucapnya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa bakar uang ini bisa menjadi tolak ukur bagi perusahaan terutama investor yang tujuannya adalah valuasi nya naik. "Biasanya setelah permintaan naik kemudian dananya habis, maka founder startup akan cari lagi dana dari pihak lain," jelasnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2921 seconds (0.1#10.140)