Daftar 5 Negara Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia, No 1 Ternyata Tetangga

Rabu, 27 Juli 2022 - 15:11 WIB
loading...
Daftar 5 Negara Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia, No 1 Ternyata Tetangga
Kebanyakan orang kemungkinan mengira bahwa China menjadi negara yang paling loyal memberikan utang ke Indonesia. Tapi ternyata salah, berikut daftar 5 negara pemberi utang terbesar ke Indonesia. Foto/Dok BI
A A A
JAKARTA - Utang pemerintah berulang kali dijelaskan masih dalam kondisi aman, seperti yang sempat disampaikan bendahara negara. Rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada Juni sebesar 39% dianggap masih sehat karena adanya penurunan rasio terhadap PDB.



Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mencatat penerimaan yang kuat dari ledakan komoditas berhasil mendorong penurunan rasio utang terhadap PDB sebesar 13%.

"Pandemi sekarang sudah memasuki tahun ketiga, tapi masih banyak negara yang mengalami defisit sangat dalam. Beberapa negara bahkan rasio utangnya lebih dramatis, sudah mencapai di atas 60% bahkan ada yang 80% bahkan 100% terhadap PDB," ungkap Sri Mulyani dalam UI International Conference on G20, akhir Juni kemarin.



Lain lagi dengan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin yang menerangkan, utang Indonesia mencapai Rp7.040 triliun sudah diperhitungkan dan tidak merusak kedaulatan negara.

“Tentu saja sudah kita perhitungkan tidak merusak kedaulatan negara, itu sudah pasti. Karena itu sudah diperhitungkan dan pemerintah dengan perhitungan mampu membayar kembali utang itu dengan baik sesuai dengan rencana,” kata Wapres Ma’ruf Amin di sela-sela kunjungan kerja di Nusa Tenggara Barat, akhir Juni kemarin.

Berdasarkan Statistik Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia per Mei 2022 dikeluarkan Bank Indonesia bersama dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), yang melaporkan bahwa Utang Luar Negeri Indonesia tercatat sebesar USD406,3 miliar atau setara Rp6.082,8 triliun (Kurs Rp14.971 per USD).

Darimana saja Indonesia mendapatkan utang tersebut, berikut daftar negara yang memberikan utang terbesar kepada Indonesia:

1. Singapura
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)