Ini Perbedaan 2 Bursa Saham China, Shanghai Stock Exchange dan Shenzhen Stock Exchange

Kamis, 28 Juli 2022 - 14:02 WIB
loading...
A A A
2. Shenzhen Stock Exchange (SZSE)

Bursa Efek Shenzhen didirikan pada 1 Desember 1990. SZSE merupakan salah satu dari bursa saham utama yang beroperasi independen di China selain Shanghai Stock Exchange (SSE).

Shenzhen Stock Exchange berada di bawah pengawasan Komisi Pengaturan Sekuritas China (CSRC). Dalam fungsinya, bursa saham ini mengawasi perdagangan trading, menyediakan fasilitas untuk perdagangan efek, dan menyusun aturan operasional.

SZSE tercatat sebagai bursa saham terbesar kedelapan di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar yang mencapai $3,90 Triliun pada Juli 2021. Produknya meliputi A-shares, B-shares, reksadana, fixed income product, hingga produk keuangan derivatif yang terdiversifikasi.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa Shanghai Stock Exchange dan Shenzhen Stock Exchange merupakan dua bursa saham utama China yang beroperasi secara independen.

Bursa saham Shanghai adalah yang terbesar di China. Sebagian besar perusahaan yang terdaftar merupakan perusahaan besar milik negara yang bertanggung jawab atas pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

Berbeda dengan SSE, bursa saham Shenzhen memperdagangkan saham perusahaan yang lebih kecil. Jangka panjangnya, pertumbuhan mereka akan menopang reformasi ekonomi China kedepannya. Sekilas, mungkin bursa ini mirip dengan NASDAQ.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)