Perbedaan Mata Uang China Yuan dengan Renminbi, Ini Jawabannya!

Jum'at, 29 Juli 2022 - 14:25 WIB
loading...
A A A
Yuan merupakan unit akun dari perekonomian negara dan sistem finansial China. Unit akun biasanya diaplikasikan untuk barang secara satuan, yang akan jadi nilai dasar untuk keseluruhan indeks atau pasar.

Dengan memiliki unit akun atau nilai dasar untuk membandingkan nilai barang yang satu dengan yang lain. Singkatnya, unit akun berlaku sebagai standar nilai.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan minyak yang berasal dari luar AS memasarkan minyak dengan dolar bisa menerima pembayaran dan mengonversi pembayaran lebih mudah jika dibandingkan dengan perusahaan minyak yang tidak memasarkan produk dengan dolar AS.



Adapun uang kertas Yuan yang paling besar adalah 100 yuan diikuti 50 yuan, 20 yuan, 10 yuan, 5 yuan, 2 yuan dan terakhir 1 yuan. Selebihnya, 1 yuan bisa lagi dibagi menjadi ke pecahan yang lebih kecil, dinamakan jiao dan fen. Adapun 1 yuan nilainya sama dengan 10 jiao atau 100 fen.

Sebagaimana diketahui, analogi populer serupa Yuan dengan Renminbi adalah mata uang Inggris Pounsterling dengan Pound lalu Federal Reserve Notes dengan dolar AS. Sejak 2010 IMF menyatakan bahwa penggunaan RMB secara internasional terus meningkat. Tahun 2020, hampir setengah perdagangan China menggunakan invoice dalam RMB.

(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)