Wujudkan SDM Sesuai Kebutuhan Zaman lewat Vokasi Land

Minggu, 31 Juli 2022 - 10:41 WIB
loading...
Wujudkan SDM Sesuai Kebutuhan Zaman lewat Vokasi Land
Dengan menampilkan produk dari SMK dan perguruan tinggi melalui Mahakarya Vokasi: Vokasi Land akan memacu daya saing mereka dalam hal kreativitas dan inovasi sehingga ke depannya pendidikan vokasi adalah jenjang unggulan. Foto/Dok
A A A
SURABAYA - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) menggelar pameran Mahakarya Vokasi : Vokasi Land yang menampilkan produksi dari SMK maupun politeknik, di Surabaya, Jawa Timur, 28-31 Juli.

Mahakarya Vokasi: Vokasi Land ini sekaligus sebagai rangkaian kegiatan dari Kemendikbudristek untuk menuju Hari Teknologi Nasional (Harteknas) 2022 pada 10 Agustus mendatang.



Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati, sasaran utama pembangunan nasional ke depan adalah terciptanya sumber daya manusia (SDM) pekerja keras, dinamis, produktif, terampil, dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi.

“Pendidikan vokasi ini merupakan pendidikan afirmasi yang menekankan kepada keahlian, keterampilan, yang menyesuaikan dengan kebutuhan zamannya sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat, penguasaan ilmu teknologi, pertumbuhan nilai ekonomi,” ucap Kiki, Kamis (28/7/2022).

Kiki menuturkan, melalui penyelenggaraan Mahakarya Vokasi: Vokasi Land ini diharapkan dapat membuka kesadaran bahwa lulusan pendidikan vokasi saja SDM untuk industri tetapi juga adalah calon wirausaha sukses masa depan pencipta lapangan kerja.

“Dengan menampilkan produk dari SMK dan perguruan tinggi melalui Mahakarya Vokasi: Vokasi Land akan memacu daya saing mereka dalam hal kreativitas dan inovasi sehingga ke depannya pendidikan vokasi adalah jenjang unggulan,” ujar Kiki.

Apresiasi terhadap pelaksanaan Mahakarya Vokasi: Vokasi Land ini juga dikemukakan Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Vokasi, dan Kesehatan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Sari Purnomo.

“Pendidikan vokasi menjadi strata penting dalam mendukung peningkatan ekonomi nasional untuk membuka dunia industri yang berkualitas serta berdaya saing di tingkat nasional maupun mancanegara,” kata Sari.

Sari menyampaikan, karya unggulan yang dihadirkan dalam pameran Vokasi Land menunjukkan bahwa lulusan pendidikan vokasi sudah siap berkiprah pada sektor industri nasional dan mancanegara, bahkan menjadi pemilik lapangan kerjanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)