Gurita Bisnis Tolaram Group, Perusahaan Singapura Penguasa 66,8% Saham Bank Amar

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 06:31 WIB
loading...
A A A
Berpijak dari negeri Singa, Tolaram menemukan pasar baru yang datang dari Asia, Amerika Serikat, Afrika, hingga Eropa Timur.

Di Afrika, Tolaram mampu mengembangkan aneka sektor industri dan infrastruktur di tengah pergolakan ekonomi dan politik sejumlah negara.

Sementara di luar Afrika, Tolaram terus berkembang secara global, dan berhasil mengakuisisi pabrik kertas di kota Kehra, Estonia.

Secara umum, Tolaram memiliki tiga bisnis utama yakni consumer goods, teknologi finansial (fintech), dan infrastruktur-industri. Dari segi barang konsumer, Tolaram memiliki sejumlah merek dan kerja sama bisnis dengan berbagai perusahaan multinasional untuk membuat produk home care, snacks, cereal, susu, hingga karpet.

Dari sekian banyak perusahaan, salah satu yang mencuri perhatian adalah Dufil Prima Foods, sebuah joint venture (JV) dengan Indofood dan Kellog's yang memproduksi dan mendistribusikan produk-produk konsumsi di Nigeria, seperti Indomie, Mimee, dan Minimie instant, dan lainnya.

Sementara dari sisi fintech, Tolaram memanfaatkan layanan Bank Amar di Indonesia untuk menggenjot pemasukan dari bisnis pembiayaan, yakni melalui platform Tunaiku, Senyumku, dan Insureka. Tolaram juga memiliki layanan pinjaman online di Brazil bernama Click Cash, dan produk P2P lending di Estonia.



Adapun dari sisi industri, Tolaram mengakuisisi pabrik kertas dari pemerintah Estonia pada 1995, yang kemudian diberi nama menjadi Horizon Pulp dan Paper Mill.

Perusahaan merupakan satu-satunya produsen kertas, dan karung di wilayah Baltik. Produk ekspor Horizon mencapai ke Eropa, Asia, Afrika dan Timur Tengah.

Sisi infrastruktur, Tolaram memiliki pusat komersial ekonomi terbesar di Afrika Barat, dengan area seluas 830 hektar bernama Lagos Free Zone.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)