Pekerja Asing Dipastikan Tak Terlibat Bangun Infrastruktur IKN Nusantara

Minggu, 28 Agustus 2022 - 12:26 WIB
loading...
A A A
"Pendaftaran ini akan diumumkan Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) melalui website atau media sosial," kata Fatah seraya mengatakan bahwa akan ada 25 jabatan kerja yang dapat diisi oleh para calon tenaga kerja.

Baca Juga: Kembalikan Kejayaan IKN dengan Hutan, Pekerja Konstruksi Dibekali Pemanfaatan Teknologi

Disinggung keterlibatan mahasiswa dalam pembangunan infrastruktur IKN, Fatah menjelaskan bahwa para mahasiswa sengaja dilibatkan karena pembangunan infrastruktur IKN pun menerapkan teknologi, seperti teknologi 3D.

"Jadi nanti kita bisa bayangkan (pembangunan infrastruktur IKN) bisa dilihat secara 3D karena para perancang pun sudah menggunakan teknologi 3D, termasuk metaverse dan itu kita maksimalkan mahasiswa karena pembangunan IKN ini kita jadikan juga momentum untuk belajar teknologi," katanya.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Penyelenggara Pelatihan dan Sertifikasi TKK untuk Penyiapan Pembangunan Infrastruktur IKN, Dedy Natrifahrizal mengatakan, akan ada 5 tahapan pelatihan dan sertifikasi yang dilaksanakan mulai hari ini hingga Desember 2022 mendatang.

Adapun sasaran calon tenaga kerja konstruksi terlatih dan tersertifikasi sebanyak sekitar 9.300 orang untuk mengisi 25 jabatan kerja di sektor jasa konstruksi yang meliputi kualifikasi operator, teknis analis, dan kualifikasi ahli.

Adapun kegiatan pelatihan dan sertifikasi tahap pertama ini dilaksanakan mulai hari ini hingga 9 September 2022 mendatang untuk 1.535 orang peserta dengan rincian calon tenaga kerja konstruksi dari wilayah Kaltim sebanyak 817 orang.

"500 orang peserta dihadirkan langsung pada acara seremonial ini yang berasal dari Kecamatan Sepaku 121 orang, Kecamatan Penajam 106 orang, Kecamatan Waru 53 orang, dan Kecamatan Babulu 220 orang," sebutnya.

Selain itu, 317 peserta dari Untag Samarinda, Politeknik Negeri Samarinda, dan Universitas Mulawarman hadir secara virtual dan 718 orang dari luar provinsi Kaltim juga dihadirkan secara virtual untuk mengikuti pelatihan building information modelling untuk jabatan kerja BIM Modeller.

Menurutnya, penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi ini juga melibatkan beberapa BJKW dan stakeholder terkait, yakni BJKW 3 Jakarta, BJKW 4 Surabaya, BJKW 5 Kalsel, BJKW 6 Makassar serta Politikenik PUPR Semarang, dan BPSDM PUPR.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3444 seconds (11.210#12.26)