Negara-negara Penghasil Minyak Zaitun Terbesar di Dunia, Nomor 3 dari Afrika

Minggu, 04 September 2022 - 21:00 WIB
loading...
Negara-negara Penghasil Minyak Zaitun Terbesar di Dunia, Nomor 3 dari Afrika
Pertanian zaitun di Spanyol tumbuh subur sehingga menjadikannya sebagai negara penghasil minyak zaitun terbesar di dunia. Foto/oliveoilsfromspain.org
A A A
JAKARTA - Laporan Review in Environmental Science and Biotechnology melaporkan bahwa pohon zaitun modern kemungkinan berasal dari Persia kuno dan Mesopotamia. Setelah itu menyebar ke Suriah dan Israel di Cekungan Mediterania , tempat dibudidayakan dan kemudian diperkenalkan ke Afrika Utara.



Beberapa ahli berpendapat bahwa budi daya zaitun berasal dari Mesir Kuno. Zaitun juga telah ditemukan di sebuah makam Mesir yang berasal dari 2.000 tahun SM. Mediterania Timur (Israel, Yordania, Lebanon, Palestina, Siprus dan Suriah)menjadi tempat pohon zaitun pertama kali didomestikasi antara 8.000 dan 6.000 tahun yang lalu.

Minyak zaitun memang memilik banyak fungsi, mulai untuk makanan hingga kesehatan. Fungsinya itulah yang membuat minyak zaitun masih tetap populer hingga kini.

Menguingat habitat asli tanaman zaitun berada di lingkungan yang panas, maka tak semua negara bisa menanam pohon zaitun secara massal. Memang pohon ini sekarang juga bisa tumbuh di wilayah tropis, tapi soal produktivitasnya masih menunggu jawaban.
Ada beberapa negara yang sukses mengembangkan pohon zaitun sehingga menjadi penghasil minyak zaitu dunia. Ada banyak negara yang memproduksi minyak zaitun, namun setidaknya hanya empat yang menduduki posisi utama.

Inilah negara-negara penghasil minyak zaitun terbesar di dunia.
1. Spanyol
Berdasarkan data FAO tahun 2019, Spanyol adalah negara penghasil minyak zaitun terbesar di dunia. Besarnya produksi minyak zaitun di Spanyol dikarenakan kondisi geografis berupa tanah dan iklim yang sangat mendukung pertumbuhan tanaman zaitun. Produksi minyak ziatun Negeri Matador ini mencapai 5,9 juta ton, dengan pertumbuhan rata-rata 5% selama lima tahun.

Andalusia adalah daerah penyumbang minyak zaitun di Sepanyol, sekitar 75%. Daerah berikutnya adalah Castilla-La Mancha yang penyumbang kedua terbesar. Sebagian produksi minyak zaitun Spanyol dieskpor ke Inggris, Australia, Prancis, dan berbagai negara lainnya.

2. Italia
Produksi minyak zaitun Italia sebanyak 2,19 juta ton. Daerah yang terkenal dengan tempat perkebunan buah zaitun terdapat di sebelah selatan, tepatnya di Sisilia, Puglia, Basilicata, Sardinia, dan Calabria.

Daerah-daerah tersebut memiliki iklim yang hangat sehingga sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman zaitun. Sebagian hasil minyak zaitun Italia diekspor ke sejumlah negara terutama AS, Brasil, Tiongkok, dan Kanada. Serta sebagian di antara dikonsumsi sendiri karena banyak makanan khas Italia yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan utamanya.

3. Maroko
Produksi minyak zaitun Maroko mencapai 1,9 juta ton. Negara di Afrika Utara ini masuk dalam jajaran produsen minyak zaitun terbesar di dunia. Minyak zaitun Maroko telah menarik minat Uni Eropa dan Amerika Serikat, yang menjadi pelanggan utamanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)