3 Negara Timur Tengah yang Pernah Berutang ke China

Selasa, 06 September 2022 - 12:19 WIB
loading...
A A A
Dikutip dari laman Diplomatist, Suriah yang mengalami situasi perang saudara selama beberapa tahun terakhir sangat membutuhkan proyek BRI China untuk pembangunan infrastrukturnya.

Tujuannya tentu adalah untuk memulai rekonstruksi dan pembangunan sosial ekonomi negara tersebut. Sesuai perkiraan PBB, pembangunan kembali Suriah yang dilanda perang akan membutuhkan sekitar USD250 miliar.

Sebelumnya, pada 2018 Presiden China menawarkan pinjaman USD20 Miliar dan USD106 Juta ke negara-negara Timur Tengah termasuk Suriah. Adapun alasan China bersedia membantu Suriah karena lokasinya yang strategis dan menawarkan akses Beijing ke pelabuhan Tartus dan Latakia di Laut Mediterania Suriah.

Hal ini tentu memberi China peluang untuk investasi multi-miliar Dolar dalam berbagai proyek infrastruktur, telekomunikasi, hingga energi.

3. Yordania

Yordania memiliki hubungan diplomatik yang sudah terjalin lama dengan China. Negara ini diketahui sangat bergantung pada investasi asing karena kekurangan sumber daya alam. Maka dari itu, melalui kebijakan luar negerinya Yordania membina hubungan baik dengan beberapa kekuatan besar termasuk China.

Dikutip dari laman Stimson, China secara total merencanakan sekitar 29 proyek pembangunan di Yordania setelah tahun 2015. Sebagian besar pembiayaan dilakukan untuk sektor energi dan Infrastruktur negara tersebut.

Salah satu diantaranya adalah proyek pembangkit listrik Attarat. Dalam hal ini, China membiayai USD1,6 Miliar dari total estimasi pembangunan yang mencapai USD2,1 Miliar.

Selain itu, saat Xi Jinping mengumumkan program pinjaman USD20 miliar ke negara Timur Tengah, Yordania juga bersedia untuk menerimanya untuk memperkuat infrastruktur, perdagangan, serta sektor produktif lainnya.

Demikian ulasan mengenai negara Timur Tengah yang memiliki utang ke China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)