Ragam Pekerjaan Baru Muncul di Era Internet, Keterampilan Digital jadi Modal

Rabu, 07 September 2022 - 11:19 WIB
loading...
A A A


Maria juga menyebutkan sejumlah faktor yang mempengaruhi keterampilan digital, di antaranya yaitu keterampilan digital informasi, keterampilan kreativitas digital, keterampilan berpikir secara digital, serta keterampilan pemecahan masalah secara digital.

“Untuk bisa menjadi komunikator yang handal, kita harus dapat dipercaya, memahami audiens, membangun percakapan, dan kita juga influence yang baik yang dapat diterima orang lain dan dapat bermanfaat,” saran dia.

Lebih lanjut, Founder Hasfa Publishing & Institute Dian Nafiatul Awaliyah menambahkan, transformasi digital menghadapi sejumlah kendala, antara lain karena adanya pemikiran bahwa pekerjaannya akan diambil alih oleh robot suatu saat nanti.



“Kalau kita punya digital culture, kita akan punya pikiran untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak lain juga. Jadi dengan adanya kompetitor, kita mikirnya akan bermusuhan ya. Padahal kalau kita punya digital mindset bisa jadi kita saling melengkapi, bisa punya mutual benefit, bisa bekerja sama untuk satu tujuan,” tandasnya.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Kominfo, diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif di era industri 4.0.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3182 seconds (0.1#10.140)