4 Perusahaan China yang Beroperasi di Indonesia, 2 di Antaranya Menyedot Harta Karun

Rabu, 07 September 2022 - 16:42 WIB
loading...
4 Perusahaan China yang Beroperasi di Indonesia, 2 di Antaranya Menyedot Harta Karun
Salah satu kegiatan China National Offshore Oil Corporation di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Terdapat banyak perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia, salah satunya dari China . Perusahaan-perusahaan raksasa asal Negeri Tirai Bambu itu biasanya bergerak di bidang konstruksi, infrastruktur, dan migas.



Perusahaan-perusahaan China di Indonesia tentu sudah mengantongi izin dari pemerintah, mencakup Kementerian Perhubungan dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Berikut perusahaan besar China yang beroperasi di Indonesia:

1. PT China Communications Construction Indonesia (CCCI)

PT China Communications Construction Indonesia (CCCI) adalah perusahaan yang bergerak di bidang investasi, desain, konstruksi, dan infrastruktur. Perusahaan ini menjadi perwakilan dari China Communications Construction Company (CCCC) Limited , yakni Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Rakyat China (RRC).

Sejak didirikan pada tahun 2008, perusahaan CCCC berkembang menjadi salah satu perusahaan infrastruktur terbesar di dunia, dengan 210 cabang kantor yang tersebar di seluruh dunia, serta beroperasi secara substantif di 140 negara, termasuk Indonesia.

PT CCCI bekerja sama dengan tiga perusahaan yang memiliki sub-bisnis berbeda-beda, seperti konstruksi dan infrastruktur, perdagangan internasional, serta industri real estate. Masing-masing dijalankan oleh China Communications Construction Engineering Indonesia (CCCEI), PT Chuwa Bussan Indonesia dan PT Paranusa Sari.

Perusahaan yang berlokasi di Jakarta ini, terlibat dalam pembangunan Jembatan Suramadu pada tahun 2009 silam. Masih aktif sampai kini, PT CCCI sedang menjalankan 11 proyek, salah satunya adalah proyek kereta api Makassar-Parepare, milik Kementerian Perhubungan.

Mengikuti induk perusahaan, PT CCCI berkomitmen untuk menjadi perusahaan rekayasa, pengadaan, dan konstruksi yang terkenal di dunia.

2. China State Construction Engineering Corporation (CSCEC)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2605 seconds (0.1#10.140)