Sri Mulyani: Harga BBM Naik Cukup Mengkompensasi Lonjakan Minyak Dunia

Senin, 12 September 2022 - 18:52 WIB
loading...
Sri Mulyani: Harga BBM Naik Cukup Mengkompensasi Lonjakan Minyak Dunia
Menkeu, Sri Mulyani mengatakan, bahwa kenaikan harga BBM subsidi 30% untuk jenis Solar dan Pertalite akan cukup mengkompensasi meningkatnya lonjakan harga minyak dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bahwa kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) subsidi 30% untuk jenis Solar dan Pertalite akan cukup mengkompensasi meningkatnya lonjakan harga minyak dunia yang sudah melampaui USD100 per barel.

"Sekarang kita melihat harga minyak sedikit menurun, tetapi kami belum sepenuhnya yakin ini akan mengarah kemana?. Apakah akan turun hingga USD90 dan berlanjut, atau malah meningkat seiring datangnya musim dingin yang semakin politis secara global," ujar Sri Mulyani dalam Recovery and Resilience: Spotlight on Asean Business yang digelar oleh Bloomberg dan Standard Chartered secara virtual pada Senin (12/9/2022).



Dia mengatakan, meski pihaknya belum sepenuhnya yakin ke arah mana tren harga minyak mentah dunia, keputusan penyesuaian harga BBM subsidi ini akan cukup. Bukan hanya untuk meringankan budget, tetapi fokus kebijakan untuk mempertahankan momentum pemulihan ekonomi dengan melindungi daya beli masyarakat.

"Peningkatannya tidak terlalu ekstrim, tetapi di saat yang sama, kami juga memastikan bahwa budget kami tetap aman dan kredibel, juga berkelanjutan di jangka menengah panjang. Kami mengincar tiga target penting dan keputusan minggu lalu ini turut mendukung kami untuk mencapai target tersebut," ungkap Sri Mulyani.



Pertama, melindungi daya beli masyarakat karena pemerintah masih memberikan subsidi. Kedua juga menjaga momentum pemulihan ekonomi yang sudah kuat di kuartal kedua dan diperkirakan tren penguatan akan terus berlanjut hingga kuartal ketiga. Ketiga menghemat dan juga menciptakan sustainabilitas serta kredibilitas anggaran karena beban subsidi sudah sangat ekstrim.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)