Dulu Dicaci, Sekarang Dicari! 6 Merek China yang Mendunia, Nomor 4 Anda Tak Akan Menduga

Kamis, 15 September 2022 - 12:50 WIB
loading...
Dulu Dicaci, Sekarang Dicari! 6 Merek China yang Mendunia, Nomor 4 Anda Tak Akan Menduga
MINISO disangka merek Jepang, tak tahunya produk China. Foto/todayonline
A A A
JAKARTA - Dulu produk- produk China kerap dicaci. Pasalnya, meski menawarkan harga yang murah, kualitasnya terbilang sangat payah. Baru beberapa kali digunakan, atau tak lama dipakai, barang-barang merek China sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Baca juga: Ini 6 Merek Terkenal yang Dicontek China

Tak heran kalau kemudian, barang-barang buatan atau bermerek China dijadikan sebuah ungkapan untuk meledek. "Ah barang China itu!".

Pelan tapi pasti, produk atau merek-merek China mulai diakui dunia. Masih dengan menawarkan harga yang relatif murah dibanding kompetitor, merek-merek China kini malah dicari karena punya kualitas mumpuni.

Untuk mengubah image itu, merek-merek China biasanya berinvestasi besar-besaran dalam pengembangan dan inovasi produk baru. Mereka menghabiskan banyak uang, waktu, dan energi untuk memahami dengan jelas motivasi konsumen membeli.

Hasilnya tak sia-sia. Kini muncul merek-merek China yang sangat digemari, terutama oleh warga NKRI. Merek apa saja itu, ini daftar yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Lenovo
Lenovo adalah salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia yang memproduksi laptop dan PC. Meski perusahaannya memiliki sejarah yang panjang, namun merek Lenovo baru muncul pada tahun 2004.
Lenovo sejatinya didirikan di Hong Kong pada tahun 1988, yang awalnya bernama Legend Holdings. Perusahaan kemudian berganti nama pada 2004. Pada tahun 2005, Lenovo mengakuisisi bekas Divisi Komputer Pribadi IBM, perusahaan yang menemukan industri PC pada tahun 1981.

Saat ini, Lenovo adalah perusahaan teknologi senilai USD47 miliar dengan lebih dari 57.000 karyawan (termasuk usaha patungan) di lebih dari 60 negara yang melayani pelanggan di lebih dari 160 negara.

2. Huawei
Didirikan pada tahun 1987, Huawei adalah penyedia infrastruktur teknologi informasi perangkat global terkemuka. Terdapat sekitar 195.000 karyawan yang tersebar di 170 negara dengan melayani lebih dari 3 miliar orang di seluruh dunia. Perusahaan ini kemudian berkembang menjadi produsen sejumlah gadget, mulai dari ponsel hingga laptop.

3. Xiaomi
Xiaomi Corporation didirikan pada April 2010 dan terdaftar di papan utama bursa Efek Hong Kong 9 Juli 2018. Xiaomi adalah perusahaan elektronik konsumen dan perusahaan manufaktur pintar dengan smartphone. Produk Xiaomi tersedia di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Pada Agustus 2022, perusahaan masuk dalam daftar Fortune Global 500 untuk keempat kalinya. Peringkatnya berada di 266, naik 72 tempat dibandingkan tahun 2021.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2241 seconds (10.101#12.26)