2 Bandara di Dunia yang Pernah Diduga Akan Diambil Alih oleh China karena Gagal Bayar Utang

Kamis, 15 September 2022 - 12:39 WIB
loading...
A A A
"Tidak ada satupun proyek di Afrika yang pernah disita oleh China karena gagal membayar pinjaman China." Ungkapnya.

Untuk diketahui, pinjaman Uganda sendiri digunakan untuk mendanai berbagai proyek infrastruktur di negara tersebut. Meski perjanjian pinjaman belum dipublikasikan, namun seorang anggota parlemen menyebut bahwa perjanjian tersebut memberi akses kepada China untuk mengambil alih bandara jika terjadi default.

Hal inilah yang mendasari munculnya dugaan China mengambil alih bandara Internasional Entebbe, Uganda.

Baca juga : Negara-negara Ini Disebut-sebut Jadi Korban Jebakan Utang China

2. Bandara Internasional Kenneth Kaunda (Zambia)

Selain Uganda, sebuah bandara di Zambia juga pernah diberitakan akan diambil alih oleh China apabila negara tersebut gagal membayar pinjamannya. Dikutip dari laman cadtm, China sempat mengusulkan untuk mengambil alih Bandara Internasional Kenneth Kaunda jika pemerintah Zambia gagal membayar pinjamannya tepat waktu.

Untuk diketahui, masalah tersebut bukanlah satu-satunya yang ada di Zambia. Tercatat, sekitar 60 persen saham perusahaan Penyiaran Nasional Zambia juga dimiliki oleh orang China.

Akan tetapi, pemerintah Zambia sendiri telah membantah klaim yang menyebut pihaknya akan menyerahkan Bandara Internasional Kenneth Kaunda ke China karena gagal memenuhi pembayaran utangnya.

Ms.Siliya selaku Menteri Layanan Informasi dan Penyiaran menyebut laporan pengambilalihan bandara sebagai berita palsu. Menurutnya, China tidak memiliki niatan seperti itu, sehingga laporan tersebut tidak benar.
(bim)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1887 seconds (11.210#12.26)