4 Belanja Online Asal China yang Ngetop, Nomor 1 dan 2 Masih Bersaudara

Kamis, 15 September 2022 - 13:38 WIB
loading...
4 Belanja Online Asal China yang Ngetop, Nomor 1 dan 2 Masih Bersaudara
Alibaba jadi salah satu tempat belanja online asal China yang mendunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Di China ada empat belanja online (marketplace) ternama. Mereka tak hanya mashyur di negaranya, tapi juga sampai ke mancanegara. Maklum mereka terus memperluas ekspansi bisnisnya, baik melalui investasi maupun akuisisi belanja-belanja online di berbagai negara.

Baca juga: Dulu Dicaci, Sekarang Dicari! 6 Merek China yang Mendunia, Nomor 4 Anda Tak Akan Menduga

Alibaba misalnya, yang menanam investasi senilai USD1,1 miliar atau sekitar Rp14,5 triliun ke Tokopedia (kurs Rp14.500). Berkat investasi yang diumumkan pada Agustus 2017 itu, Alibaba menjadi salah satu pemegang saham di Tokopedia.

Selain Alibaba, masih ada beberapa lagi belanja online asal Negeri Tirai Bambu yang terkenal. Berikut daftar lengkapnya.

1. Alibaba
Pasar pertama dan terbesar di China adalah Alibaba.com. Didirikan oleh Jack Ma pada tahun 1999, situs belanja online ini telah berkembang menjadi platform pasar yang terkenal di dunia saat ini.
Bahkan, Amazon, situs belanja AS, bersaing dengan Alibaba yang sudah memiliki banyak pelanggan dan penjual terverifikasi. Alibaba adalah pasar China terbaik untuk pembeli Indonesia.

Karena peminatnya banyak, ada berbagai layanan yang bisa membeli barang impor China dengan harga murah dari Alibaba. Sementara itu, layanan ini membantu pembeli Indonesia menyelesaikan transaksi dengan mudah, cepat dan nyaman. Alibaba juga memberi kebebasan untuk membeli produk baik eceran maupun grosir dengan harga menarik.

2. AliExpress
Melihat namanya, AliExpress masih memiliki hubungan atau masuk ke dalam grup Alibaba. AliExpress menjadi salah satu marketplace terbaik China yang sudah go international. Sama seperti Alibaba, saat berbelanja di AliExpress, konsumen dapat membeli barang kecil atau besar tanpa jumlah pesanan minimum atau jumlah pesanan maksimal. Pilihan produk di AliExpress juga cukup banyak, dengan banyak variasi tergantung kebutuhan.

Masalah pembayaran juga sangat beragam, sehingga lebih mudah untuk membeli produk di AliExpress, seperti Alipay, kartu kredit, Docs, dan transfer bank. Dalam hal pengiriman, jangan ragu sebab ada banyak penjual di AliExpress yang menawarkan pengiriman gratis ke semua negara di dunia. Namun, harap diperhatikan bahwa Anda hanya dapat membeli sejumlah kecil produk dengan promosi pengiriman gratis ini.

3. 1668.com
Sama seperti Alibaba dan AliExpress, 1688 juga marketplace yang menjual barang dengan skala besar. Kelebihan dari 1668.com adalah sistem keamanannya, karena sistem belanja di sini akan masuk lebih dahulu ke sistem pembayaran di 1668.com ini, dan baru dilanjutkan ke seller.

Baca juga: Densus 88 Tangkap Sejumlah Terduga Teroris di Riau
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1877 seconds (11.252#12.26)