4 Berlian Termahal di Dunia, Nomor 1 Setara dengan Banderol Kota Terapung

Kamis, 15 September 2022 - 14:20 WIB
loading...
4 Berlian Termahal di Dunia, Nomor 1 Setara dengan Banderol Kota Terapung
Mountain of Light Diamond atau berlian Kohinoor menjadi salah satu yang termahal di dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Berlian merupakan batuan perhiasan alami yang paling dicari oleh manusia sebab keindahannya yang memesona. Semakin indah berlian, semakin mahal harganya, semakin membawa kepercayaan diri si pemakai.



Berlian tak hanya sebagai perhiasan, tapi juga simbol sosial . Semakin mahal berlian yang dibeli, semakin tajir orang yang memilikinya.

Lantas berapa harga berlian paling mahal di dunia. Berikut ulasannya yang diambil dari berbagai sumber.

1. Mountain of Light Diamond

Ini adalah berlian yang terbilang paling mahal di dunia. Berlian ini juga dikenal dengan The Mountain of Light, karena beratnya adalah 105,6 karat. Berlian yang merupakan batu permata tak berwarna ini menjadi bagian dari British Crown Jewels.

Berlian yang diperkirakan berasal dari India ini, batu permatanya adalah bagian dari Tahta Merak Mughal. Berlian ini secara kontroversial dipindahkan ke Ratu Victoria ketika Inggris mencaplok Punjab. Walaupun berlian Kohinoor ini dianggap tak ternilai harganya, seluruh permata mahkota itu diperkirakan bernilai lebih dari USD1 miliar atau Rp14,5 triliun (kurs Rp14.500).

Harga berlian ini setara dengan banderol Streets of Monaco, kapal pesiar sepanjang 500 kaki yang menyerupai kota terapung. Streets of Monaco adalah salah satu kapal pesiar mewah yang termahal di dunia, di bawah History Supreme dan Eclipse.

2. Berlian Cullinan (The Cullinan Diamond)

The cullinan diamond adalah kumpulan dari 105 batu potongan yang berbeda dan juga merupakan berlian kasar dengan kualitas terbesar yang pernah ditemukan. Berlian ini diberi nama sesuai dengan nama ketua tambang, Thomas Cullinan. Berlian ini dipotong menjadi 9 bagian batu besar yang totalnya 1.055,89 karat dan ada 96 elemen yang belum dipoles, juga batu permata kecil.

Cullinan l, juga dikenal dengan Bintang Besar Afrika, merupakan permata terbesar dengan berat 530,4 karat. Berlian ini adalah potongan bening terbesar di dunia. Cullinan l dimiliki oleh Ratu Elizabet ll. Lalu ada Cullinan ll yang menjadi bagian dari Mahkota Negara Kekaisaran. Kedua berlian itu bisa anda lihat langsung di The Jewel House di Tower of London. Jika berlian Cullinan yang kasar ditemukan hari ini, nilainya akan lebih dari USD400 juta atau Rp5,8 triliun.

3. Berlian Harapan (The Hope Diamond)

Salah satu berlian termahal di dunia ini memiliki warna biru yang langka, karena adanya jejak boron. Berlian ini diperkirakan memiliki berat 45,52 karat, batu permata ini berasal dari Kollur di India. Penemuan berlian ini tidak diketahui tanggalnya, namun catatan dari kepemilikan kembali lebih dari 400 tahun untuk berlian yang menakjubkan ini.

Berlian ini dipajang di museum cadang dari The Smithsonian Institute dan diperkirakan bernilai sekitar USD200 - USD350 juta (Rp2,9 triliun-Rp5,07 triliun). The Hope Diamond ini tampak asing karena batu langka ini menjadi inspirasi di balik film The Heart of The Ocean pada film The Titanic.

4. Berlian Seratus Tahun De Beers (De Beers Centenary Diamond)

Batu permata yang memiliki berat sekitar 273,85 karat ini merupakan berlian terbesar ketiga yang ditemukan di Tambang Premier, Afrika Selatan. Pada tahun 1988, The Centenary Diamond awalnya memiliki berat berkisar 599 karat, sebelum dipotong menjadi bentuk hati di ruang bebas getaran oleh Gabi Tolkowsky yang dibantu oleh timnya.



Berlian ini dinilai sebagai berlian berkualitas tertinggi untuk berlian yang tak berwarna. Walaupun pemilik dan harga berlian ini tidak diketahui, berlian ini diasuransikan oleh De Beers dengan harga sekitar USD100 juta atau Rp1,45 triliun.

Navizia Louvitrioktavia

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)