Jauhi Gaya Hidup Boros dan Mulai Berinvestasi Digital, Simak Tipsnya

Sabtu, 24 September 2022 - 06:38 WIB
loading...
A A A
Terkait perencanaan keuangan atau investasi, SVP Marketing PT Bonet Utama Dedih Sofian menyatakan, perkembangan teknologi juga dibarengi dengan kian maraknya platform investasi digital.

Bagi investor pemula, dia menyarankan salah satu investasi yang tepat yakni investasi emas secara online. Menurut Dedih, investasi jenis ini relatif aman, memiliki likuiditas tinggi, nilainya cenderung meningkat, serta bisa dimulai dengan dana yang kecil.

“Ada pula reksa dana online yang pengelolaannya bisa dilakukan oleh kita sendiri atau diserahkan kepada manajer investasi. Investasi lainnya adalah jual beli valuta asing, saham online, atau bisnis properti,” tuturnya.



Meski begitu, Dedih mengingatkan perlunya kewaspadaan agar investasi yang dilakukan benar-benar aman. Kewaspadaan itu meliputi aspek legal platform investasi yang kita inginkan, keuntungan yang wajar, memahami produk dan skema investasinya, serta struktur perusahaan investasi harus jelas dan transparan.

“Beberapa investasi yang menawarkan keuntungan besar justru tak wajar dan mencurigakan,” kata dia mengingatkan.

Sementara itu, Dosen Program Studi Akuntansi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Ignatius Aryono Putranto menjelaskan cara berinvestasi dengan aman.

Pertama adalah menentukan tujuan berinvestasi, apakah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau untuk kebutuhan jangka panjang di saat kita pensiun atau tidak lagi bekerja.



Selain memperhatikan aspek legal platform investasi, sebaiknya jangan menaruh semua dana pada satu platform investasi saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2395 seconds (0.1#10.140)