Pegadaian Kanwil VIIl Jakarta 1 Dorong UMKM Naik Kelas

Selasa, 27 September 2022 - 08:08 WIB
loading...
A A A
Rinciannya yakni dengan penyaluran sebagai berikut areal Senen Rp2.8 miliar, areal Bogor Rp4.5 miliar, Areal Keramat Jati Rp2.3 miliar, Areal Jatiwaringin Rp1.4 miliar, Areal Bekasi Rp1.2 miliar.

"Kami terus mengembangkan UMKM dimasing-masing areal. Pegadaian membantu usaha rakyat dalam bentuk penyedianan KUR Syariah. Kami bina hingga UMKM ini bisa mendapatkan KUR. Dan seperti diketahui hasil survei telah menyatakan Senyum Ultra Mikro yang dijalankan sudah sangat tepat sasaran mencapai keinginan masyarakat. Saat ini jumlah nasabah yang tersalur oleh pegadaian telah lebih dari 5000 nasabah," jelas Alim Sutiono.



Ditambahkan Alim Sutiono, kinerja keuangan Pegadaian Kanwil VIIl Jakarta 1 Terus tumbuh dan tercatat menjadi nomor 1 tertinggi secara nasional, pertumbuhan KCA mikro tercatat tumbuh 19%. Dari produk KCA, produk emas menjadi produk yang pertumbuhannya paling tinggi di seluruh indonesia.

Bersama program UMKM naik kelas Pegadaian akan fokus melakukan pendampingan UMKM mulai dari bagaimana UMKM memulai usaha, hingga akhirnya dapat melakukan peminjaman di BRI. Karena dengan adanya holding diperusahaan Pegadaian inilah sehingga UMKM Pegadaian nantinya naik kelas.

"Di era digital ini kami juga menambahkan strategi pemasaran melalui sistem digital. Kalau ingin naik kelas, maka UMKM harus dapat dikelola dengan baik, disiplin ikut mengikuti aturan pendampingan hingga hasil yang didapatkan oleh UMKM nanti dapat disimpan dalam bentuk lain misalnya dalam bentuk properti atau emas," ungkap Alim.

Sebagai info, Pegadaian saat ini telah mendaftarkan lebih dari 8200 UMKM yang merupakan vendor dan mitra binaan Pegadaian ke dalam platform PaDip. PaDi atau Pasar Digital adalah sebuah platform digital oleh pemerintah yang mempertemukan UMKM dengan BUMN guna optimalisasi, akselerasi dan efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM.

Pegadaian Kanwil VIIl Jakarta 1

Dalam kesempatan yang sama Deputy Bisnis Area Bekasi Tinggi Pardomuan mengatakan, saat ini cangkupan wilayah kerjanya adalah Kota bekasi, Kabupaten Bekasi dan Karawang, dengan cangkupan areal ada 80 outlet pegadaian. Saat ini kinerja produk pegadaian areal Bekasi tercatat komposisi produk gadai mencapai 85 persen dan produk non gadai 15 persen.

"Sekarang di areal bekasi khususnya wilayah industi, tampak mulai ramai dan aktifitas roda perekonomi mulai berjalan. Sehingga dampaknya ke pegadaian kinerja kami juga mulai naik. Sehingga kita harapkan semua masyarakat saat ini dapat kita layani. Dan kinerja areal bekasi tumbuh meningkat," paparnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)