Dari Hobi Bisa Cuan, Ini 4 Profesi Kekinian Bagi Penyuka Game

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 22:02 WIB
loading...
Dari Hobi Bisa Cuan, Ini 4 Profesi Kekinian Bagi Penyuka Game
Hobi bermain game bisa mendatangkan uang jika ditekuni dan dikelola dengan baik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Industri game menjadi salah satu sektor yang terakselerasi di masa pandemi. Tak hanya itu, kian masifnya penggunaan internet dan media sosial (medsos) juga mendorong berkembangnya game online.

Berdasarkan data Hootsuite dan We Are Social bulan Februari 2022, penggunaan internet dan medsos di Indonesia berkisar 8 jam 36 menit per orang per hari. Untuk medsos saja berkisar rata-rata 197 menit alias lebih dari 3 jam dalam sehari.

Tentunya hal ini menjadi potensi bagi para pengembang di industri aplikasi dan permainan (game) maupun para penyuka game dan gamers itu sendiri.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, aplikasi dan permainan pada tahun 2020 menempati posisi ke-7 penyumbang terbesar terhadap PDB ekonomi kreatif RI.

Menurut Sandiaga, pengembangan permainan atau game development menjadi salah satu subsektor yang sangat perspektif pada tahun ini. Pasalnya, Indonesia memiliki lebih dari 60 juta gamer dan akan terus bertumbuh.

Bagi masyarakat khususnya anak-anak muda milenial dan Gen Z, sebagian besar mungkin sudah familiar dengan game yang beragam jenisnya. Tak sedikit juga yang menjadikan game sebagai hobi atau bahkan profesi.

Baca juga: Inovasi Keren! Siswa 10 Tahun Ciptakan Game Online Edukatif secara Otodidak

Jangan salah, hobi bermain game juga bisa mendatangkan cuan jika ditekuni dan dikelola dengan baik. Ya, game bisa menjadi ladang usaha atau profesi yang menjanjikan karena di era serba digital ini, siapapun bisa mengembangkan potensi diri sesuai minat atau hobi masing-masing. Bagi yang hobi main game, berikut ini 4 profesi yang bisa dicoba:

1. Professional Gamer
Cobalah kembangkan keterampilan gaming kamu, dan sering ikuti turnamen yang ada untuk meningkatkan reputasi di dunia game. Mulailah dari turnamen berskala kecil di level lokal, hingga nanti bisa sampai ke level internasional, tentunya dengan hadiah menggiurkan. Walaupun untuk menjadi gamer profesional tidak mudah, kamu harus terus bekerja keras serta memiliki dedikasi tinggi untuk ini.

2. Streamer
Profesi ini lagi nge-hits di kalangan anak muda terutama di bidang esports atau game online. Pastinya kamu juga bisa membuat beragam konten positif yang bermanfaat mulai dari berita ter-update mengenai tim atau para pemain esports, konten video di YouTube, salah satunya dengan menjadi streamer atau vlogger yang berperan sebagai seorang yang membagikan konten mengenai suatu turnamen game online. Ini bisa bermanfaat untuk memperlihatkan kemampuan bermain suatu game online untuk mendekatkan diri pada komunitas game.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1771 seconds (11.210#12.26)