Listrik Padam Akibat Banjir, PLN Tidak Wajib Beri Kompensasi

Kamis, 06 Oktober 2022 - 23:06 WIB
loading...
Listrik Padam Akibat Banjir, PLN Tidak Wajib Beri Kompensasi
Warga melintas saat banjir di Kemang Raya, Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom
A A A
JAKARTA - Musim penghujan acapkali menyebabkan banjir di sejumlah wilayah, termasuk di kawasan Ibu Kota Jakarta. Salah satu imbasnya adalah pemadaman listrik .

Pemadaman listrik di kawasan pemukiman masyarakat di Jakarta bisa saja berlangsung cukup lama, tergantung seberapa cepat banjir surut.

Lantas, jika pemadaman listrik terjadi dalam waktu lama, apakah PLN berkewajiban untuk memberikan kompensasi atas padamnya listrik?.

Terkait hal tersebut, Senior Manager Niaga PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Ririn Rachmawardini menyatakan, PLN tidak wajib memberikan kompensasi apabila penyebab dari pemadaman listrik adalah banjir.

Baca juga: Banjir Rendam 41 RT dan 17 Ruas Jalan di Jakarta, 3 Pintu Air Status Waspada

Menurut dia, banjir masuk ke dalam kategori force majeur alias kondisi yang terjadi di luar kendali PLN dan tidak bisa dihindarkan.

Di dalam aturan resminya pun, pemadaman karena banjir tidak masuk ke dalam klasifikasi kompensasi tingkat mutu pelayanan atau TMP PLN.

"Kalau force majeur itu Peraturan Menteri yang di-declare sebagai TMP-nya itu tidak masuk menit untuk force majeur. Untuk perhitungan kinerja dan recovery pun tidak masuk. Karena banjir itu kan di luar kendali PLN, harus tunggu hujan reda, itu di luar TMP PLN," ungkapnya dalam temu media di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (6/10/2022).

Baca juga: Listrik Mati Saat Hujan Deras, Ini Penjelasan PLN

Dia membeberkan contoh kasus yang membuat PLN wajib memberikan kompensasi. Misalnya, ada pemadaman berencana di suatu wilayah dan PLN sudah mengumumkan hal itu. Taruh saja, PLN mengumumkan akan ada pemadaman selama tiga jam untuk pemeliharaan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1738 seconds (10.55#12.26)