Komunitas Driver Ojol Apresiasi Kemenhub, Dukung Kenaikan Tarif

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 12:30 WIB
loading...
Komunitas Driver Ojol Apresiasi Kemenhub, Dukung Kenaikan Tarif
Ratusan komunitas ojol mengapresiasi Kemenhub yang telah mengambil kebijakan menaikkan tarif. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah komunitas ojek online (ojol) mengapresiasi kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang telah menaikkan tarif. Mereka mengirimkan surat kepada Menhub Budi Karya Sumadi sebagai tanda terimakasih.

Kenaikan tarif dianggap turut membantu meringankan beban para driver ojol di tengah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan bahan pokok. Berbagai komunitas yang tergabung dalam Komunitas Single Fighter Indonesia Jawa Barat, The Legend dari Makassar, dan Komunitas GDB dari Depok yang menaungi ribuan driver ojol mengaku semakin semangat bekerja.

Ketua Umum Komunitas GDB Depok Firmansyah, yang menaungi ribuan driver ojol dari 17 komunitas di Depok mengungkapkan bahwa kenaikan tarif berdampak positif bagi driver ojol. Pria yang akrab di sapa Cang Ite ini semakin semangat mencari nafkah.

"Kita ucapin terimakasih kepada pemerintah yang mengatur kenaikan tarif ini. Tentu kenaikan ini berdampak positif, apalagi BBM juga naik," kata Firmansyah ketika dihubungi sejumlah awak media, baru-baru ini.



Selain memberi apresiasi kepada Kemenhub, para komunitas driver ojol itu juga menilai bahwa, kehadiran Grab, Gojek dan aplikasi ride hailing lainnya, telah membantu mereka memperkuat ekonomi keluarga, bahkan membantu mereka untuk membiayai pendidikan anak-anak hingga ke jenjang perguruan tinggi.

"Tentu, ini meningkatkan ekonomi keluarga, karena kenaikan tarif ini sudah cukup baik ya," tambah Firmansyah.

SEGER community asal Jawa Tengah mengatakan bahwa penyesuaian tarif ojek online di tengah kenaikan BBM, cukup membantu mereka. Apalagi pasca kenaikan, orderan masih terus ada.

Dalam suratnya ke Kemenhub, perwakilan mitra driver ojol juga meminta aplikator untuk terus melakukan peningkatan layanan dan berbagai program promo agar meningkatkan orderan. Yang tentunya berbanding lurus dan mempengaruhi peningkatan penghasilan mereka.

Gustika Aviandi dari Komunitas Wong Edan di Jakarta yang sejak 2016 menjadi driver menilai, komisi atau biaya sewa aplikasi sebesar 20%, saat ini sudah dirasa fair. Bahkan, ia khawatir, jika dikurangi malah akan mengurangi manfaat yang mereka dapat. Oleh karena itu, dia dan komunitasnya tak ingin besaran komisi yang berlaku saat ini, berubah komposisinya. "Saya pribadi tidak masalah," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)