Kolaborasi Bisnis Bantu UMKM Tingkatkan Penjualan, Simak 3 Langkah Berikut

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 14:44 WIB
loading...
Kolaborasi Bisnis Bantu UMKM Tingkatkan Penjualan, Simak 3 Langkah Berikut
Ilustrasi foto/pexels/thirdman
A A A
JAKARTA - Di era di mana persaingan bisnis kian ketat, kolaborasi justru menjadi jurus ampuh untuk melesatkan bisnis, tak terkecuali Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) .

Tak dimungkiri, strategi kolaborasi bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagi perusahaan yang ingin naik kelas atau melebarkan sayap bisnisnya.

Agar kolaborasi berjalan sesuai harapan dan tujuan serta bisa efektif, diperlukan perencanaan yang matang dan komprehensif mencakup berbagai aspek bisnis.

Social Media Consultant ukmindonesia.id Raldiano Fawzi dalam sesi pelatihan UMKM bertajuk "Strategi Kolaborasi untuk Tingkatkan Penjualan pada Kanal Digital" belum lama ini mengatakan, kolaborasi yang dijalankan dengan strategi, tujuan, dan mitra yang tepat, dapat melambungkan produk UMKM lebih cepat.

Selain itu juga menghasilkan ide yang segar serta unik, memperluas jangkauan pasar, hingga meningkatkan brand awareness di mata masyarakat.

“Sangat penting bagi pelaku UMKM untuk terus mengeksplorasi ide kreatif yang bisa disinergikan dengan mitra kolaborasi yang nantinya dapat menambah pasar baru dan menjaga loyalitas konsumen,” ujarnya, dikutip Jumat (14/10/2022).



Dalam sesi pelatihan yang digelar oleh ShopeePay tersebut, Raldiano berharap para peserta pelatihan semakin percaya diri untuk menjajaki kolaborasi sebagai salah satu strategi untuk mengembangkan bisnis mereka.

Founder Mad For Makeup Shirley Oslan Mad for Makeup yang juga menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut turut membagikan tips dan pengalamannya berkecimpung di industri kosmetik.

Berikut ini tiga langkah utama yang sebaiknya diterapkan pelaku usaha, termasuk UMKM, saat menjalankan kolaborasi bisnis:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2147 seconds (0.1#10.140)