Profil Sinopec, Perusahaan China Pembeli Minyak Rusia Terbesar

Senin, 17 Oktober 2022 - 15:41 WIB
loading...
Profil Sinopec, Perusahaan China Pembeli Minyak Rusia Terbesar
Melalui perusahaannya Sinopec, Impor minyak Rusia terhadap China telah melonjak. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Minyak Rusia yang memiliki harga murah ketimbang harga minyak di pasar global membuat China secara diam-diam melakukan pembelian bahan bakar tersebut.

Melalui perusahaannya Sinopec, Impor minyak Rusia terhadap China telah melonjak dan mendekati rekor 1,1 juta barel per hari pada Mei 2022 kemarin.

Baca juga : Pembelian Minyak Rusia Bisa Rusak Kredibilitas Indonesia

China dan India memang dikenal sebagai dua negara yang menjadi importir terbesar minyak Rusia. Tak heran bila terdapat beberapa perusahaannya yang memiliki peran besar terhadap pembelian minyak murah tersebut.

Meskipun telah muncul larangan untuk membeli minyak Rusia dari Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. Namun masih ada negara Eropa lain yang masih bergantung pada minyak tersebut seperti Jerman dan Hungaria.

Hal tersebutlah yang membuat China secara diam-diam masih membeli minyak murah asal Negeri Tirai Besi tersebut.

Kenaikan dari 750.000 barel per hari pada kuartal pertama di tahun 2021, menjadi 800.000 barel per hari di tahun ini menurut perkiraan oleh Vortexa Analytics.

Baca juga : Diskon Gila-gilaan, China Borong Minyak Rusia

Dilansir dari Reuters, Unipec, cabang perdagangan dari penyulingan terkemuka Asia Sinopec Corp (600028.SS) memimpin pembelian minyak Rusia di China.

Sinopec milik negara China sebagai penyulingan terbesar di Asia terus membeli minyak mentah Rusia di bawah kontrak jangka panjang yang telah ditandatangani sebelumnya.

Sinopec telah menjadi pembeli terbesar ESPO yang memuat dari pelabuhan Kozmino di Timur Jauh Rusia, dalam dua bulan terakhir. Mereka mengambil sekitar 20 juta barel menurut pedagang dan data dari pelacak tanker Vortexa Analytics.

Selain itu Sinopec juga menawar dengan diskon sekitar USD20 per barel di bawah harga patokan Timur Tengah Dubai dengan basis free-on-board untuk pengiriman Juli. Akhirnya kesepakatan dilakukan dengan diskon sebesar USD8 hingga USD13.

Mengutip dari sipc.sinopec.com, Sinopec adalah perusahaan energi dan kimia internasional yang menempati peringkat 3 teratas dalam Fortune Global 500 selama beberapa tahun belakangan.

Operasi Sinopec sendiri telah menjangkau sekitar 70 negara yang tersebar di dunia. Perusahaan ini juga mengkhususkan produknya pada produksi dan penjualan gas dan minyak internasional.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 2001 ini juga telah memiliki bisnis dan kerjasama migas di luar negeri mencakup 26 negara, dengan total 49 proyek eksplorasi dan pengembangan migas.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)