Mendag Zulhas: TEI 2022 Tingkatkan Perdagangan ke Pasar Global

Rabu, 19 Oktober 2022 - 13:52 WIB
loading...
Mendag Zulhas: TEI 2022 Tingkatkan Perdagangan ke Pasar Global
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di acara opening ceremony TEI 2022 di ICE, BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (19/10/2022). FOTO/dok.Istimewa
A A A
TANGERANG - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan terus meningkatkan perdagangan internasional melalui misi dagang. Terbaru, Indonesia melakukan misi dagang ke India pada 21-22 Agustus 2022 dan Qatar pada 9-10 Oktober 2022.

"Misi dagang ke India berhasil mencatatkan 22 kesepakatan dagang dengan nilai total mencapai USD3,2 miliar. Ini besar, ada produk sawit dan kertas dan batubara nilainya memang besar," kata Mendag Zulhas di acara opening ceremony Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 ke-37 di Indonesia Convention Exhibition, Bumi Serpong Damai City (ICE, BSD City), Tangerang, Banten, Rabu (19/10/2022).



Sedangkan misi dagang ke Qatar, lanjut dia, berhasil mencatatkan potensi nilai transaksi yang senilai hampir Rp 100 miliar. Mendag menerangkan, transaksi yang bisa mencapai nilai tersebut karena yang Kementerian Perdagangan mengajak UMKM pakaian muslim, kopi, dan lain-lain.

Ia menambahkan, ke depan, Kementerian Perdagangan berkomitmen akan lebih fokus menggarap pasar non tradisional untuk mengatasi perlambatan ekonomi dunia. Sementara itu, sebelum Mendag mendampingi Presiden Joko Widodo membuka acara ini, ia melihat tamu undangan banyak yang berasal dari Afrika. Menurutnya, ini suatu hal yang baik. Membuktikan bahwa acara TEI bisa membuka peluang pasar sampai ke Afrika, terlebih negara tersebut menyukai produk-produk Indonesia.

"Ini tamu undangan banyak sekali yang Afrika. Afrika itu 1 miliar lebih orangnya. Oleh karena itu, kita mulai menyerbu Afrika sekarang. Juga Asia Selatan, India Pakistan Bangladesh itu satu setengah miliar, kalo kita kirim salak satu aja yang makan 1,5 miliar orang jadi banyak sekali," kata Mendag.



"Itulah manfaat kita nanti perjanjian kita dengan UEA, kita sudah non tarif nggak pakai pajak lagi dari kita bisa langsung ke Afrika, Asia Selatan, Asia Tengah, Timur Tengah bahkan bisa ke Eropa Timur kalau mau jauh lagi sampai ke latin Amerika pasar-pasar non tradisional," tutup Mendag Zulhas.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)