Jenis-jenis Mesin Absensi Untuk Absensi Kehadiran di Indonesia, Mana yang Paling Efektif?

Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:38 WIB
loading...
A A A
Mesin untuk absensi sidik jari mengalami perkembangan yang pesat, baik dari segi perangkat keras yang semakin peka, maupun perangkat lunak yang algoritmanya yang semakin baik.

Alat tersebut dapat mendeteksi dengan cepat, rata-rata sekitar 3 detik dengan tingkat kesuksesan sampai dengan 90 persen.

Basis data untuk menampung jumlah sidik jari dan rekam absensi juga semakin besar, akan tetapi mesin absensi sidik jari untuk absensi kehadiran memiliki beberapa kekurangan, karena menggunakan perangkat keras atau hardware ketika ada kerusakan atau pengembangan harus membeli baru atau harus mengeluarkan biaya tambahan untuk upgrade.

Hingga kini masuk ke era digital, sistem absensi online dengan pengenalan biometrik wajah sangat berkembang, penggunan tinggal mengunduh aplikasi absensi kehadiran online salah satunya Mekari Talenta dengan menggunakan pengenalan wajah tingkat kecurangan hampir tidak akan ada, selain itu penggunaan sistem cloud computing memudahkan karyawan untuk melakukan absensi kapan dan dimana saja tanpa harus ke kantor terlebih dahulu.

Kehadiran karyawan merupakan salah satu informasi penting yang digunakan sebagai salah satu pedoman untuk pengembangan suatu perusahaan. Informasi mengenai kehadiran serta keterlambatan karyawan perusahaan melakukan pemantauan kinerja dari masing-masing karyawan.

Ketika terjadi kesalahan dalam perhitungan data kehadiran, karyawan bisa saja mendapatkan gaji yang tidak sesuai. Hal ini tentu dapat memicu terjadinya kesalahpahaman antara perusahaan dengan karyawan.

Maka dari itu perusahaan khususnya pihak personalia perlu melakukan pencatatan kehadiran karyawan secara cermat dan teliti.

Jenis-jenis Mesin Absensi untuk Absensi Kehadiran Terpopuler di Indonesia

Berikut adalah lima jenis mesin absensi untuk absensi kehadiran terpopuler di Indonesia yang dapat memudahkan pencatatan kehadiran karyawan.

1. Mesin Absensi Manual
Mesin absensi untuk absensi kehadiran manual merupakan salah satu tipe mesin pertama kali yang digunakan perusahaan sejak kurang lebih dua abad silam, umumnya mesin ini juga biasa disebut dengan mesin “ceklok” oleh banyak orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)