Jenis-jenis Mesin Absensi Untuk Absensi Kehadiran di Indonesia, Mana yang Paling Efektif?

Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:38 WIB
loading...
A A A
Absensi ini menggunakan mesin almano atau mesin absensi untuk absensi kehadiran dengan sistem ceklok, jadi pegawai yang ingin mengisi kartu jam hadir harus memasukkan kartu jam hadir ke mesin almano, dan secara otomatis kartu jam hadir akan mencetak jam hadir atau pulang karyawan sesuai dengan jam kantor.

Kelebihan dari mesin ini adalah mudah digunakan, selain itu pegawai atau pekerja tidak bisa menulis waktu hadir atau pulang dengan sekendak hati, bagian penggajian akan sedikit terbantu pada saat merekap jam hadir pekerja, karena lebih rapi dan mudah dilihat

2. Mesin Absensi Sidik Jari
Sesuai dengan namanya absensi ini menggunakan sidik jari untuk mendeteksi kehadiran karyawan. Mesin absensi untuk absensi kehadiran ini sangat diminati oleh setiap perusahaan karena sangat mudah untuk digunakan, para karyawan cukup menempelkan jarinya pada sensor yang ada pada mesin ini, maka kehadiran tersebut akan tercatat secara otomatis.

3. Mesin Absensi Magnetic Card
Mesin ini adalah kombinasi antara mesin absensi digital dan juga mesin absensi kartu manual. Mesin absensi magnetic card ternyata telah dipergunakan sejak lama.

Aktivitas absensi dengan menggunakan mesin ini cukup mudah, para karyawan hanya cukup menggesekkan atau men-tap kartu mereka pada mesin yang tersedia, ini menunjukkan jika pemakaian mesin absensi untuk absensi kehadiran ini lebih sederhana karena para karyawan hanya perlu menggesekkan kartu atau ID Card mereka.

4. Mesin Absensi Biometrik
Teknologi biometrik digunakan untuk mengukur dan menganalisis karakteristik pribadi, baik itu secara fisik maupun perilaku.

Karakteristik ini termasuk sidik jari, pola suara, ukuran tangan, mata dan lainnya, semuanya digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik manusia dan untuk memverifikasi identitas mereka masing-masing. Dikarenakan beberapa faktor tersebut, maka diciptakanlah mesin absensi biometrik.

Sistem absensi dengan sistem sidik jari atau fingerprint juga merupakan salah satu bentuk absensi biometrik, namun sebetulnya sistem absensi biometrik lebih spesifik daripada sekadar fingerprint.

Teknologi biometrik memungkinkan mesin untuk mendeteksi beragam karakteristik manusia secara lebih spesifik seperti wajah, suara, serta mata manusia.

5. Mesin Aplikasi Absensi Kehadiran Online untuk Absensi Kehadiran
Perkembangan aplikasi absensi kehadiran online merupakan salah satu terobosan penting di bidang teknologi. Aplikasi absensi kehadiransi semacam ini memungkinkan data kehadiran tersimpan dalam database berbasis cloud. Melalui perusahaan tidak perlu menyediakan perangkat absensi secara khusus demi melakukan pencatatan absensi karyawan setiap harinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0792 seconds (0.1#10.140)