Erick Thohir Ungkap Simbiosis Mutualisme antara BUMN dengan Pasar Modal

Kamis, 27 Oktober 2022 - 20:12 WIB
loading...
Erick Thohir Ungkap Simbiosis Mutualisme antara BUMN dengan Pasar Modal
BUMN dan pasar modal saling mendukung untuk perekonomian nasional. Foto/YorriFarli/SINDOnews
A A A
JAKARTA - BUMN dinilai memberi kontribusi positif atas perkembangan pasar modal di Indonesia. Di pasar modal , tiga dari lima emiten terbesar nasional adalah BUMN, yakni BRI, Telkom Indonesia, dan Mandiri. Total terdapat 36 BUMN dan entitas BUMN di pasar modal Indonesia.



"BUMN menyumbang 23% sumbangsihnya dari bursa. Artinya kinerja BUMN dengan transformasi yang sudah didorong, lewat perbaikan manajemen atau adaptasi business model, menjadi kekuatan," ujar Menteri BUMN Erick Thohir, Kamis (27/10/2022).

Erick mengatakan, BUMN dan pasar modal sama-sama saling mendukung untuk memperbaiki kinerja ekonomi. BUMN, kata dia, tidak sendirian namun dengan swasta membentuk ekosistem.

"Sama dengan keberadaan BUMN di bursa itu mendorong perbaikan ekosistem. Bursa semakin tumbuh, perusahaan sehat, dan BUMN diuntungkan dengan adanya check and balance karena dipantau secara publik. Jadi terbuka. Karena kita mau mendorong BUMN yang sehat," ujar Erick.

Menurutnya, kinerja baik dari BUMN yang mampu berkontribusi secara signifikan terhadap pasar tak terlepas transformasi BUMN. Secara menyeluruh, transformasi BUMN melalui lima pilar utama dan core value AKHLAK telah membuahkan hasil yang juga ditunjukkan dari peningkatan kinerja keuangan.



Salah satu hasil transformasi BUMN, pendapatan konsolidasian BUMN meningkat, dari Rp1.929 Triliun (2020) menjadi Rp2.292 triliun (2021). Juga laba konsolidasian meningkat dari Rp13 triliun (2020) menjadi Rp125 triliun (2021).

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)