Mengungkap Jaringan Rahasia Oligarki Rusia untuk Sembunyikan Harta Kekayaan

Jum'at, 04 November 2022 - 10:54 WIB
loading...
A A A
Pemilik jet yang terdaftar adalah perusahaan lepas pantai. "Atribusi pesawat ke Tuan Usmanov tidak jelas pada saat yang dimaksud," kata juru bicara otoritas transportasi Jerman.

Jika sudah jelas, "Wilayah udara Eropa akan tertutup untuk pesawat dan pesawat tidak akan bisa lepas landas," katanya.

Inti dari jaringan uang Rusia adalah sebuah perusahaan di Isle of Man, sebuah pulau dengan pemerintahan sendiri yang berada di Laut Irlandia, dikenal dengan sebutan Bridgewaters.

Perusahaan telah membantu membangun kerajaan korporat untuk para kliennya yang mencakup investasi di perusahaan teknologi AS seperti Meta Platforms Inc., Twitter, dan Airbnb Inc. Lalu investasi di sebuah perusahaan yang diduga menjual peralatan pengawasan kepada pemerintah Rusia dan real estat di seluruh Eropa, menurut dokumen yang ditinjau oleh The Wall Street Journal.

Untuk melacak aset Rusia, Journal menjelajahi ribuan dokumen perusahaan, banyak beberapa di antaranya dipublikasikan pada beberapa tahun terakhir dalam kebocoran besar dokumen keuangan dari perusahaan jasa lepas pantai, termasuk Panama, Pandora dan Paradise Papers.

Dokumen-dokumen yang mulai diterbitkan pada tahun 2016, lalu itu telah menghasilkan ratusan artikel di media tentang penghindaran pajak internasional dan skema pencucian uang. Dokumen itu awalnya dibagikan oleh Konsorsium Internasional Jurnalis Investigasi dan surat kabar Jerman Süddeutsche Zeitung.

The Journal juga menggunakan pengarsipan dan catatan perusahaan dari sekitar 20 negara untuk melacak jaringan perusahaan kembali ke Rusia.

Dokumen yang ditinjau tidak menunjukkan bahwa aset dipindahkan dari Rusia melalui jaringan Bridgewaters setelah sanksi dijatuhkan. Sebaliknya, mereka mengungkapkan bagaimana perusahaan yang terkait dengan Rusia dapat tetap berinvestasi di perusahaan-perusahaan Barat, meskipun ada sanksi keras secara global.

Dokumen SEC yang diajukan pada bulan Oktober mengatakan, sekitar 16% dari Quanergy, startup laser yang melakukan IPO Februari, dimiliki oleh dana modal ventura yang berbasis di San Francisco yang disebut Rising Tide V LLC.

Ia telah didukung oleh dana Bridgewaters yang diinvestasikan oleh Usmanov. Quanergy mengatakan, dalam pengajuan SEC bahwa Usmanov memegang saham yang signifikan di Rising Tide V.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)