Mengungkap Jaringan Rahasia Oligarki Rusia untuk Sembunyikan Harta Kekayaan

Jum'at, 04 November 2022 - 10:54 WIB
loading...
Mengungkap Jaringan Rahasia Oligarki Rusia untuk Sembunyikan Harta Kekayaan
Lapisan rumit jaringan rahasia oligarki Rusia itu mempersulit Barat untuk melacak aset dan menegakkan sanksi. Membuat senjata utama ekonomi dalam upaya mengakhiri agresi Rusia di Ukraina, terlihat tumpul. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Jaringan perusahaan cangkang dan perantara yang dikelola oleh perusahaan jasa Bridgewaters mempersulit pihak berwenang untuk melacak aset dan menegakkan sanksi bagi para oligarki Rusia .

Sebuah startup laser Silicon Valley yang go public pada bulan Februari, lalu memiliki investor yang mengejutkan yakni seorang miliarder Rusia .Kesepakatan itu diarahkan melalui serangkaian perusahaan lepas pantai dan dana ventura, membuat oligarki, Alisher Usmanov memindahkan lebih banyak kekayaan miliknya ke Barat. Saham dana tersebut pada IPO bernilai USD175 juta.

Baca Juga: Mengutuk 'Perang Gila' Putin, Miliarder Rusia Melepaskan Kewarganegaraannya

Beberapa hari kemudian, Rusia menginvasi Ukraina , dan Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi kepada Usmanov sebagai bagian dari upayanya untuk menekan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Investasi di Quanergy Systems Inc dilakukan melalui jaringan perusahaan cangkang dan perantara yang digunakan oleh sekutu Putin dan lainnya selama bertahun-tahun untuk memindahkan ratusan juta dolar keluar dari Rusia.

Seperti dilansir Wall Street journal, data tersebut menurut dokumen termasuk email, penawaran investasi, catatan perusahaan publik dan swasta, daftar pemegang saham dan pengarsipan SEC.

Ruang lingkup jaringan belum pernah dilaporkan sebelumnya. Ini juga telah digunakan oleh kerabat Andrei Skoch, anggota parlemen Rusia, Sergei Chemezov, mantan rekan KGB Putin yang perusahaannya menjual senjata ke militer Rusia, dan Dmitry Peskov, juru bicara Tuan Putin, serta Bank VTB yang kerap didukung Kremlin dan sering terlibat dalam kesepakatan besar pemerintah.

Saat ini semuanya masuk daftar hitam AS dan Uni Eropa, bersama dengan banyak oligarki dan perusahaan lainnya. Baca Juga: Aset Oligarki hingga Miliarder Rusia yang Dibekukan Bakal Dipakai Buat Bangun Ukraina

Lapisan rumit jaringan rahasia oligarki Rusia itu mempersulit Barat untuk melacak aset dan menegakkan sanksi. Membuat senjata utama ekonomi dalam upaya mengakhiri agresi Rusia di Ukraina, terlihat tumpul. Banyaknya saham kepemilikan parsial juga membuatnya lebih rumit secara hukum untuk menindak perusahaan.

Jaringan investasi itu membantu mengaburkan hubungan Usmanov dengan jet Airbus A340 senilai lebih dari USD350 juta yang berangkat dari Munich ke Uzbekistan segera setelah UE melarang penerbangan dengan pesawat milik Rusia dan beberapa jam setelah nama oligarki tersebut ditambahkan ke dalam daftar sanksi UE.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1773 seconds (11.97#12.26)