Hilangkan Ketergantungan Energi Rusia, Uni Eropa Jatuh ke Pelukan Diktator Lain

Selasa, 08 November 2022 - 08:58 WIB
loading...
A A A
Babak Baru Energi Uni Eropa

Dalam upaya mencari sumber bahan bakar baru, Eropa telah melakukan semua jenis pengaturan selama setahun terakhir dengan pemasok seperti Norwegia dan Aljazair.

Norwegia sekarang menjadi pemasok gas utama UE dan telah berjanji bakal mengirimkan gas sebanyak mungkin ke negara-negara blok. Ekspor gas Norwegia ke UE tercatat meningkat 8% secara year-on-year (YoY).

Sementara itu negara-negara Mediterania UE telah mengambil gas Aljazair; negara Afrika Utara itu akan meningkatkan ekspor gasnya ke Italia misalnya, sebesar 20% menjadi 25 bcm tahun ini.

Pada bulan Juli ini, Uni Eropa dan Azerbaijan menandatangani kesepakatan baru untuk menandai apa yang dikatakan von der Leyen pada saat itu adalah "babak baru dalam kerja sama energi (UE) dengan Azerbaijan - mitra utama dalam upaya kami untuk menjauh dari bahan bakar fosil Rusia."

Brussels menagih kesepakatan itu sebagai kesepakatan yang akan "berkontribusi secara signifikan terhadap keamanan pasokan Eropa," menurut kanselir Uni Eropa.

Nota kesepahaman (MoU) berisikan perjanjian untuk menggandakan ekspor gas Azeri menjadi setidaknya 20 bcm pada tahun 2027 -yang akan setara dengan sekitar 6% dari permintaan gas UE-. Seperti dilansir Fortune, tetapi para ahli telah meragukan apakah Azerbaijan dapat memenuhi janji ini.

Meskipun kontribusinya relatif kecil, merekrut Azerbaijan sebagai mitra energi utama jadi pilihan menarik bagi UE karena kestabilannya dan potensi skalabilitas proyek gas dan pipa Azeri.

Azerbaijan -negara yang berbatasan dengan Iran, Turki, Georgia, dan Rusia- mengalihkan gasnya ke Eropa melalui Trans-Adriatic Pipeline (TAP), bagian terakhir dari jaringan pipa Southern Gas Corridor (SGC) sepanjang 3.500 kilometer, yang diumumkan pada 2013 dan mulai beroperasi pada akhir 2020.

Produksi minyak dan gas di Azerbaijan dioperasikan bersama oleh perusahaan minyak negara SOCAR dan mitra asing, di antara BP menjadi yang paling menonjol. Pemerintah Azerbaijan terbilang unik karena belum berusaha untuk merevisi ketentuan perjanjian pembagian produksinya dengan perusahaan internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2948 seconds (0.1#10.140)