Sebelum Ditonton Jokowi-Xi Jinping, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diuji Jalan Besok 16 Km

Rabu, 09 November 2022 - 19:31 WIB
loading...
Sebelum Ditonton Jokowi-Xi Jinping, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diuji Jalan Besok 16 Km
Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diuji coba besok pada, Kamis (10/11/2022). Foto/Dok Kemenhub
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diuji coba besok pada, Kamis (10/11/2022). Diterangkan bahwa uji coba tersebut dilakukan guna mempersiapkan G20 Showcase pada 16 November 2022, mendatang.

"Mulai besok kita akan lakukan uji dynamics test untuk persiapan G20 showcase. Kami mengundang pak ketua, apabila bapak ibu komisi 6 berkesempatan ke Tegalluar, kami akan tunjukkan dalam waktu-waktu ini menjelang sampai tanggal 16 November ataupun setelah itu," kata Didiek dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI DPR RI dengan Dirut PT KAI dan Dirut Kereta Cepat Indonesia China di Jakarta, Rabu (9/11/2022).



Didiek mengatakan, bahwa pada uji coba besok tidak dilakukan secara keseluruhan, melainkan hanya sepanjang 16 Km (Kilometer). "Uji coba tersebut belum keseluruhan, hanya sekitar 16 KM," terangnya.

Adapun pada 16 November mendatang, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China, Xi Jinping dijadwalkan akan menyaksikan uji dynamic Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari Bali secara virtual.

"Untuk tanggal 16 November nanti akan dilakukan G20 showcase. Dimana akan dilakukan percobaan uji dinamis dari Tegalluar sampai Cikopo yang kira-kira 20 Km, yang akan dilakukan secara online yang nanti akan disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping melalui online dari Bali," kata Didiek.



"Showcase ini ya percobaan tes dynamic untuk di wilayah itu saja (Tegalluar sampai Cikoko) belum menyeluruh. Itu akan di jalankan dari Tegalluar sampai Cikoko," tambahnya.

Lebih lanjut, Didiek mengatakan, perkembangan terbaru saat ini pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yakni PLN sudah menyalakan 150 Kv di kawasan Tegalluar. "Pertanggal dua November kemarin sudah terjadi power on untuk elektrifikasi. Dimana PLN dengan 150 KV sudah dinyalain dikawasan Tegalluar," katanya.

Sementara untuk progres pembangunan fisik KCJB, Didiek mengatakan, hingga Oktober 2022 sudah mencapai 79,51%. Sedangkan progres penyerapan investasi mencapai 90,60%.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)