Aliran Dana Desa Capai Rp500 Triliun, Ini Manfaatnya

Kamis, 10 November 2022 - 12:32 WIB
loading...
Aliran Dana Desa Capai Rp500 Triliun, Ini Manfaatnya
Dana Desa mengalir Rp500 triliun sejak digulirkan 7 tahun lalu. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan manfaat aliran Dana Desa. Dana Desa mengalir Rp500 triliun sejak digulirkan 7 tahun lalu berdampak pada 74 ribu desa di seluruh Indonesia yang tiap tahun menerima hampir Rp1 miliar.

"Itu membuat ekonomi resilient di desa. Jadi di desa itu kegiatan ekonominya ada," ungkap Luhut dalam 4th Indonesia Fintech Summit 2022 secara virtual di Bali, Kamis(10/11/2022).



Luhut mengungkapkan bahwa Dana Desa langsung dialirkan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tidak melalui kementerian atau lembaga lain. Luhut mengatakan bahwa dana tersebut terbukti bermanfaat mendorong perekonomian.

Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia terus meningkat menembus 5% sejak kuartal IV 2021. Performa Indonesia juga solid dibandingkan dengan peer countries. "Meskipun gejolak global terjadi, ekonomi makro Indonesia tetap terjaga dengan baik," kata dia.



Di sisi lain, Luhut menyebutkan upaya pemerintah menjaga inflasi. Pemerintah terus menjaga distribusi hingga pemberian subsidi. Hal itu terbukti ampuh meredam inflasi. "Jadi harga di sini sama disini. Ya benar turun sekarang inflasi kita," ungkap Luhut.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)