Prabowo Sebut Perubahan Iklim Ancam Ketahanan Pangan Indonesia

Minggu, 13 November 2022 - 15:00 WIB
loading...
Prabowo Sebut Perubahan Iklim Ancam Ketahanan Pangan Indonesia
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam Global Food Security Forum side event G20 Day 2 di Nusa Dua, Bali, Minggu (13/11/2022). FOTO/dok.Istimewa
A A A
NUSA DUA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyatakan perubahan iklim semakin nyata di Indonesia. Antisipasi diperlukan agar tidak berdampak buruk bagi ketahanan pangan.

"Contohnya Jakarta, di mana level permukaan lautnya terus meningkat hingga 5 centimeter setiap tahunnya. Dalam salah satu kunjungan saya ke pesisir daerah Tanjung Priok, mengunjungi warga, airnya bahkan sudah masuk di ruang keluarga," kata dia dalam Global Food Security Forum Day 2 di Nusa Dua, Bali, Minggu (13/11/2022).

Baca Juga: Di Forum G20, Prabowo Sebut Krisis Pangan Jadi Ancaman Kemanusiaan

Lebih lanjut dia menuturkan, keluarga yang dikunjungi tersebut terpaksa tidur dengan air laut, yang menggenangi kamar mereka. Menurut dia, kejadian tersebut menjadi bukti perubahan iklim benar-benar di depan mata.

Tak hanya itu, di daerah pesisir Karawang juga mulai terancam terendam air laut, di mana air laut sudah semakin mendekat ke Karawang dengan jarak 4 kilometer (km). Padahal, Karawang selama ini dikenal sebagai salah satu lumbung padi di Jawa Barat.

Baca Juga: Burhanuddin Muhtadi Sebut Dukungan Jokowi ke Prabowo Terang Benderang

"Bayangkan 4 kilometer dikalikan 200, 300 kilometer persegi, sudah berapa hektare lahan produktif yang terenggut dari mangkuk nasi kita? Karawang adalah mangkuk nasi Indonesia," ujar Prabowo.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2013 seconds (10.101#12.26)